11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

HCML Lakukan Penebangan dan  Penanaman Kembali Mangrove di Pasuruan

HCML Lakukan Penebangan dan  Penanaman Kembali Mangrove di PasuruanPasuruan, KabarGress.com – Terkait dengan rencana pengembangan lapangan gas BD yang berlokasi di Selat Madura, Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) melakukan kegiatan pemotongan pohon mangrove yang berada di garis pantai Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pemotongan mangrove ini dihadiri dan disaksikan oleh HCML, tokoh masyarakat dan perwakilan instansi terkait lainnya di jajaran Pemkab Pasuruan.

“Kami melakukan pemotongan ini setelah mendapatkan persetujuan dari instansi terkait yang berwenang. Kami juga telah berkoordinasi sebelumnya dengan instansi terkait agar proses pemotongan ini mengikuti aturan atau prosedur yang benar,” ujar Manager of Legal & Relation HCML, Wahyudin Sunarya.

Tidak hanya memotong, sebagai bentuk tanggungjawab dan wujud kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan hidup, HCML akan melakukan penanaman kembali pohon mangrove sesuai ketentuan yang berlaku. Kegiatan penanaman kembali akan dilakukan dengan berkoordinasi dan sesuai rekomendasi dari Badan Lingkungan Hidup (BLH).

“Lokasi penanaman kembali pohon mangrove ini juga akan sesuai dengan arahan dari BLH Kabupaten Pasuruan. Untuk satu batang pohon mangrove yang kita potong, akan diganti dengan 10 batang pohon mangrove baru. Sehingga jumlah pohon mangrovenya akan bertambah banyak dan secara tidak langsung kamipun ikut berpartisipasi dalam upaya peningkatan kelestarian lingkungan hidup, terutama eksistensi mangrove yang ada di sini,” tambah Wahyudin. (ro)

Teks foto: Kyai H. Abdullah Siradj sesepuh pesantren Sidogiri Pasuruan didampingi Kapolsek Kraton AKP Masroni, Danramil Kraton, didampingi Wahyudin Sunarya Legal & Relations Manager dan Joni Pasaribu.