31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pasar LED Kian Menjanjikan, Panasonic Luncurkan TV Viera 4K

Branch Manager Surabaya PT Panasonic Gobel Indonesia, Fransiscus Porasi KaryadiSurabaya, KabarGress.com – PT Panasonic Gobel Indonesia meluncurkan produk baru, TV Viera 4K Pro dan Home Theatre MAX SERIES 2016, Kamis (12/5/2016). “Pasar LED di Jawa Timur besar. Secara umum, Panasonic memperkirakan kenaikan tahun ini mencapai 130 persen. Selain karena perekonomian yang kian membaik, kondisi tersebut juga dipicu oleh perpindahan budaya masyarakat dari menggunakan TV tabung ke jenis LED. Apalagi pertumbuhan apartemen dan perumahan di Jatim juga masih sangat besar mencapai 30 persen,” ungkap Branch Manager Surabaya PT Panasonic Gobel Indonesia, Fransiscus Porasi Karyadi, di sela-sela acara launching.

Diterangkan lebih jauh, tuntutan pasar terhadap produk eletronik konsumer semakin tinggi dan selektif sekarang ini, sehingga menjadi tantangan ekstra bagi perusaahaan elektronik untuk merebut hati serta minat konsumen agar memilih produknya. Tak terkecuali di Indonesia, kondisi perekonomian juga berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat meskipun memiliki pasar elektronik konsumer yang sangat potensial.

Panasonic melihat kondisi ini sebagai tantangan yang harus dihadapi. Sebagai langkah konkrit strategis bisnis Panasonic untuk mencapai peningkatan pertumbuhan pada tahun 2016, dengan semangat “Sang Juara” (The Champ), menghadirkan produk-produk eletronik konsumer yang sesuai dengan kebutuhan pasar serta berkualitas tinggi.

“Panasonic menghadirkan produk TV VIERA terbarunya yaitu 4K PRO Ultra HD dengan HEXA Chroma Drive dan Home Theatre MAX SERIES 2016 untuk memberikan pilihan produk berteknologi dan kualitas terbaik bagi masyarakat konsumen Indonesia,” ujarnya.

Melihat potensi pasar yang sangat menjanjikan itu, lanjut Fransiscus, sejak tiga tahun yang lalu, Panasonic berkonsentrasi menggarap pasar tersebut. “Sedikitnya, ada sekitar 21 tipe TV LED Panasonic yang sudah beredar di pasaran. Dari ke 21 tipe tersebut, 5 hingga 6 unit adalah tipe 4K dengan inovasi teknologi yang menjawab kebutuhan dan gaya hidup konsumen moderen,” terangnya.

Disinggung target produk tergress tersebut, pihaknya menargetkan penjualan TV LED Panasonic di Jatim bisa mencapai sekitar 5 ribu per bulan, naik dibanding tahun lalu yang mencapai 2 ribu hingga 3 ribu per bulan.

Ditambahkan, TV Viera 4K Pro memang membidik kelas atas. Dan kontribusi pasar kelas ini terhadap penjualan Panasonic masih kecil, yakni sekitar 30 hingga 40 persen. Sementara, sisanya segmen menengah bawah. “Meski demikian, pasar ini tidak boleh dikesampingkan karena memegang peran penting dalam total revenue yang dihasilkan,” tandasnya.

Khusus TV LED, imbuh Fransiscus, yang untuk segmen atas, Panasonic menargetkan bisa menjual sekitar 800 unit per bulan, naik dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 400 hingga 500 unit per bulan. (ro)

Teks foto: Branch Manager Surabaya PT Panasonic Gobel Indonesia, Fransiscus Porasi Karyadi.