12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Gelaran Bharatika Festival 2016, Ajak Anak Muda Berpikir Kreatif

UK Petra - Punggawa CiptaSurabaya, KabarGress.com – Yang muda yang berkarya. Itulah yang coba diusung oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam gelaran bertajuk Bharatika Festival mulai hari Selasa-Sabtu, 15-19 Maret 2016 di Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo no 16 Surabaya mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Mengambil tema Punggawa Cipta, dalam ajang kompetisi yang diperuntukkan bagi anak muda se-Indonesia ini menantang untuk berpikir kreatif mrenyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Dalam ajang festival yang ditujukan bagi siswa SMA, mahasiswa maupun masyarakat umum ini akan digelar berbagai kegiatan diantaranya lomba, pameran hasil karya lomba, awarding night, talkshow dan workshop. Lomba khusus ditujukan bagi siswa SMA dan mahasiswa sedangkan untuk talkshow dan workshop ini terbuka bagi umum. Sudah terkumpul 176 karya dari masing-masing kategori lomba yang ada. Pemenang akan diumumkan pada saat awarding night di akhir acara”, urai Anette Firmawan Panghegar selaku ketua acara Bharatika Festival 2016.

Kompetisi Bharatika Festival ini sendiri merupakan ajang kompetisi desain dengan inovasi terbaik yang dibagi untuk kategori mahasiswa dan siswa SMA. Kategori mahasiswa akan memperebutkan trophy Gold, Silver dan Bronze sedangkan kategori siswa SMA akan memperebutkan trophy Gold saja.

Lomba kategori mahasiswa ada 9 kompetisi diantara Print Ad, Packaging Desain, Billboard, Corporate Identity, Visual Merchandising, Lamp Desain, Chair Desain, Workspace Re-design dan Innovation Challenge. Sedangkan kategori siswa SMA ada 3 kompetisi yaitu Photography, T-Shirt Desain dan Short Clip. Sedangkan untuk Talkshow bertema Reset Mindset akan digelar pada hari Selasa, 15 Maret 2016 mulai pukul 09.00 WIB. Talkshow yang akan mendatangkan tiga pembicara yaitu Nani Rosana (seorang pengrajin Karung Goni), Muh. Rois Abidin (Founder Craftline.co.id) dan Agus Winoto (Sekjen PPPI Jawa Timur) ini akan menjelaskan hubungan antara desain dengan ekonomi kreatif.

Lain halnya dengan talkshow bertajuk Opportunity in Creativity akan digelar pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 mulai pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan tiga pembicara yaitu Iyan Susanto (Creative Director at Leo Burnett Jakarta), Irene Saputra (Senior Graphic Desain at Colman Ideas) dan Ritchie Permadi (Art Director Russel & Rizky). Dan talkshow Kreativitas Tanpa Batas juga akan digelar pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 mulai pukul 12.30 WIB.

Tak hanya itu saja, Workshop Basic Floral Pudding Art akan digelar pada hari Rabu, 16 Maret 2016 mulai pukul 09.30 WIB dan 16.00 WIB. Workshop Basic Flower Embroidery Bersama Cub Club akan digelar pada hari Kamis, 17 Maret 2016 mulai pukul 09.30 WIB dan 16.00 WIB. Tak ketinggalan juga akan dimeriahkan dengan workshop Leather Phone Sleeve Crafting with Revolt Industry pada hari Jumat, 18 Maret 2016 mulai pukul 09.30 WIB dan 15.00 WIB.

“Exhibition akan digelar setiap hari selama lima hari berturut-turut yang mana akan menampilkan 5 finalis terbaik dari setiap gelaran lomba yang ada di Bharatika Festival ini”, tambah Annete. (ro)