12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Fasilitas Clariant di Tangerang Dapatkan Sertifikasi Halal di Indonesia

·         Tersedianya layanan yang lebih khusus untuk pelanggan di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara dan Pasifik

·         Sertifikasi ini menunjukkan komitmen Clariant dalam penciptaan nilai melalui prinsip keberlangsungan

Fasilitas Clariant di Tangerang Dapatkan Sertifikasi Halal di IndonesiaSingapura, KabarGress.Com – Clariant, perusahaan terkemuka dunia dalam bahan kimia khusus, hari ini mengumumkan bahwa fasilitas produksinya yang berlokasi di Tangerang, Indonesia, khususnya untuk Bisnis Segmen Industrial & Consumer Specialties (ICS)telah mendapatkan sertifikasi halal. Dengan sertifikasi ini, produk-produk Clariant dapat memiliki akses yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan muslim yang berada di negara-negara seperti Indonesia dan Malaysia di wilayah Asia Tenggara.

Produk yang telah memiliki sertifikat halal dapat digunakan sesuai dengan ketentuan Hukum Islam. Jangkauan produk halal telah berkembang dari hanya produk yang berbasis daging sekitar satu dekade yang lalu, sekarang telah mencakup produk makanan, minuman dan kebutuhan sehari-hari seperti produk-produk perawatan tubuh. Di negara-negara seperti Indonesia dan Malaysia, dimana terdapat populasi penduduk muslim yang besar, sebagian besar dari industri kosmetik dan perawatan rumah telah mengubah kebijakan bahan baku mereka menjadi bahan baku yang berbasis sayuran atau bahkan yang terbuat dari bahan-bahan yang telah memiliki sertifikat halal yang memang dianggap lebih aman dan lebih sesuai.

Total nilai pasar untuk produk perawatan tubuh halal di Asia Tenggara diperkirakan sebesar 74 juta Swiss Francdi 2015, dengan ruang pertumbuhan sekitar 20% untuk tahun-tahun ke depan. Data ini menunjukan pertumbuhan yang pesat dan kesempatan untuk melakukan diferensiasi produk bagi perusahan-perusahaan kosmetik dan perawatan tubuh yang beroperasi di wilayah tersebut. Sertifikasi halal bagi fasilitas Clariant di Tangerang sangat sesuai untuk menangkap peluang akan kebutuhan tersebut.

“Sertifikat halal yang diberikan ke fasilitas kami di Tangerang merupakan pencapaian penting bagi bisnis segmen kami untuk menjangkau lebih jauh ke pelanggan-pelanggan kami di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik. Pencapaian ini juga menegaskan komitmen Clariant untuk menyediakan produk dan layanan yang membedakan kami yang fokus kepada keberlangsungan” demikian dikatakan Vipul Bhatt, Head of Sales and Application Personal Care and Home Care ASEAN, Industrial & Consumer Specialties Business Unit.

Sebagai pemasok terkemuka untuk produk kimia khusus bagi industri perawatan tubuh di Asia Tenggara, fasilitas Tangerang yang mapan ini telah mengalami perluasan kapasitas di tahun 2014. Sebagai tambahan, laboratorium untuk pengembangan aplikasi-aplikasi baru telah didirikan untuk mendorong kemampuan perusahaan dalam mengembangkan produk dan untuk menyediakan dukungan yang lebih baik bagi aplikasi pelanggan.

Fasilitas di Tangerang juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 22716 untuk Tata Kelola Manufaktur Kosmetik yang Baik atau Cosmetics Good Manufacturing Practice (GMP) di 2013, yang memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan memiliki kualitas tertinggi dan telah melalui standar produksi yang sesuai dengan panduan Uni Eropa untuk produksi produk-produk kosmetik. (ro)