22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

KEMASAN CERIA (KElas meMASak ANak CEpat RIngan dan Aman)

isttsSurabaya, KabarGress.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya -pada setiap musim liburan- Jurusan S1-Teknik Industri di tahun 2015 ini menyelenggarakan beberapa kegiatan Pengabdian Masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan yang diberi nama KEMASAN CERIA (KElas meMASak ANak Cepat RIngan dan Aman).

Dalam kegiatan ini, beberapa puluh siswa SD dan SMP di Surabaya, dipandu oleh dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Industri STTS akan mengikuti kelas memasak kreatif, yaitu membuat puding zebra dengan topping berbentuk binatang dan bola-bola coklat. Selama kurang lebih dua jam, para siswa akan belajar tentang beberapa jenis bahan makanan ringan yang mudah diperoleh (agar-agar, pewarna, buah-buahan, meses, dsb), cara mengolahnya (mencampur, memasak, mendinginkan) dan membentuknya, dalam suasana yang santai dan menyenangkan.

Selain karena puding dan coklat adalah jenis makanan yang digemari anak-anak, salah satu alasan lain pemilihan puding dan bola-bola coklat sebagai obyek pembelajaran adalah karena pelaksanaan KEMASAN CERIA ini bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Kedua jenis makanan pembuka tersebut, bisa disiapkan dengan mudah oleh siswa sekitar 2-3 jam menjelang berbuka puasa.

Pelaksanaan KEMASAN CERIA ini sudah pasti memiliki tujuan. Selain agar siswa-siswa SD dan SMP lebih kreatif dan produktif dalam memanfaatkan waktu luang, para siswa dimotivasi untuk belajar berhemat dengan membuat sendiri makanan-makanan kecil, daripada jajan dengan resiko mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat.

Para siswa juga akan dipandu mengenal serta mengikuti aturan pembuatan masakan (Standar Operating Procedures), memahami pentingnya faktor ketelitian dalam proses memasak, dan mengenal dasar-dasar proses produksi yang baik, bersih, sehat, dan aman (dalam ilmu teknik industri dikenal dengan istilah Good Manufacturing Practices/ GMP), dan tidak ketinggalan, dasar-dasar kewirausahaan (cara menentukan harga jual, cara menjual, dsb). Sudah barang tentu semua hal itu akan diberikan dalam bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh anak-anak. (ro)

(foto: dok/rawdani.wordpress.com)