15/10/2022

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Apresiasi Haul Bung Karno Jadikan Motivasi dan Inspirasi Bangsa

Wagub Jatim Saifullah Yusuf memberikan sambutan sebelum  membuka   Kenduri 1000 Tumpeng Memperingati Haul Bung Karno ke 45 di sepanjang  jalan Ir. Soekarno Kota Blitar,.Blitar, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs.H.Saifullah Yusuf meminta Haul Bung Karno menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat. Karena Bung Karno telah berjasa dalam perjuangan bangsa dan menghadirkan Pancasila sebagai dasar negara. “Kita perlu belajar pada semangat Bung Karno yang telah berjuang melawan penjajah hingga berhasil membawa keluar dari belenggu penjajahan. Perjalanan perjuangannya hingga ditahan penjajah menjadi inspirasi kita,” Kata Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim ini pada Peringatan Haul Bung Karno Ke 45 di Makam Bung Karno Kota Blitar, Sabtu (20/6).

Lanjut Gus Ipul, Bung Karno yang telah membawa negeri ini bebas dari penjajahan dengan menghadirkan Pancasila dan dijadikan dasar negara Indonesia. Tanpa Pancasila Indonesia akan menjadi negara yang cerai berai dan tidak mempunyai akhlak. “Sudah menjadi kewajiban generasi penerus untuk menjadikan perjuangan Bung Karno  sebagai inspirasi dan motivasi. Oleh karenanya Haul ini untuk memperingati jasa-jasa perjuangan tersebut, ” ujarnya.

Gus ipul mengingatkan akan pentingnya Pancasila yang mengandung asas kesatuan dan persatuan, kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda-beda, asas gotong royong dan saling menolong. Hal tersebut sangatlah penting dan harus terus dipelihara dalam kehidupan berbangsa dan negara di Indonesia. Apalagi di era globalisasi Pancasila sangat penting sebagai benteng untuk melindungi keutuhan dan keragaman yang dimiliki bangsa.

“Di dalam Pancasila mengatur budaya akhlak yang tidak dipunyai bangsa lain.oleh karenannya setiap masyarakat mempunyai kewajiban menjaga dan melestarikannya,” katanya.

Gus Ipul melanjutkan, pada tanggal 28 Juli akan dilakukan doa bersama dengan mengundang Presiden ke lima Megawati. Selain itu doa bersama ditujukan untuk Muktamar NU 33. “Pra Muktamar NU ke 33 pada Tanggal 28 Juli nanti akan dilakukan doa bersama di Makam Bung Karno. Sekaligus memperingati Haul Bung Karno yang rencananya mengundang megawati,” jelasnya. (hery)

Teks foto: Wagub Jatim, Saifullah Yusuf, memberikan sambutan sebelum membuka Kenduri 1.000 Tumpeng Memperingati Haul Bung Karno ke 45, di sepanjang jalan Ir. Soekarno Kota Blitar.