05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Arsitektur Maknai 2 Mei dengan Bangun Rumah Layak Huni

Surabaya, KabarGress.Com – Setiap tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Akan tetapi bagaimana kaum muda memaknainya? Ialah sejumlah mahasiswa semester 6 Program Studi Arsitektur UK Petra yang tergabung dalam mata kuliah Housing & Psychology bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat Internasional Habitat For Humanity Chapter Surabaya akan belajar membangun sejumlah rumah hasil desainnya di Kampung Tegalsari tepatnya di Balai RW Kecamatan Tegalsari jalan Mawar, Surabaya esok Sabtu tanggal 2 Mei 2015 mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB.

“Ini merupakan program Service Learning (SL) yang berupa kelas, sebanyak 10 rumah telah kami desain ulang menjadi rumah yang layak huni (sehat) dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna. Pilihan rumah yang kami desain ulang ini merupakan pilihan dari pihak Habitat agar tepat sasaran.

Sejak Februari 2015 yang lalu para mahasiswa ini sudah melakukan survey dan public hearing ke lokasi. Dan sebagai anak muda yang peduli, para mahasiswa nantinya akan ikut membantu membangun rumah di Tegalsari tersebut esok Sabtu, “ urai Prof. Ir. Lilianny Sigit Arifin, M.Sc, Ph.D selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini.

Para mahasiswa ini tak hanya diminta mendesain rumah yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan sehat saja akan tetapi juga harus sesuai dengan budget yang di berikan oleh habitat yaitu 17 juta untuk setiap rumahnya. Salah satu tantangan yang di hadapi para mahasiswa ini ialah mendesain rumah hanya berukuran 4 meter x 5 meter yang dihuni oleh 7 orang.

“Dengan adanya proyek SL ini para mahasiwa belajar lebih peka. Bukan saja melihat tampilan rumah terlihat cantik akan tetapi mendesain sebuah rumah secara fisik dan psikologis dengan membangun rumah yang sehat dan nyaman”, tutup Prof. Lily. (ro)