02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Masyarakat Jatim di Yaman Kembalilah ke Tanah Air

Gus Ipul menjawab pertanyaan dari salah satu peserta  diklat dengan di moderatori oleh Kepala Badiklat Pemprov Jatim(1)Surabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf meminta kepada masyarakat Jatim atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Yaman Timur Tengah agar segera kembali ke tanah air. “Masyarakat Jatim yang ada di Yaman kembalilah ke tanah air. Konflik di Yaman semakin hari, situasinya tidak kondusif. Bergabunglah dengan WNI lainnya untuk kembali ke Indonesia,” ujarnya menjawab media terkait WNI dari Jatim yang ada di Yaman seusai Rapat Paripurna pandangan umum fraksi-fraksi terhadap LKPJ Gubernur Jatim Tahun Anggaran 2014.

Gus Ipul sapaan akrabnya menambahkan, banyak masyarakat Jatim yang pergi ke Yaman untuk bekerja dan bersekolah serta mendalami ilmu agama. Terdapat ratusan masyarakat Jatim yang tinggal di Yaman akan dievakuasi untuk kembali ke Indonesia. “Bedasarkan data dari Kemenlu RI, ada sekitar 400 warga Jatim yang akan dijemput ke Yaman karena kondisi negara tersebut terus memburuk,” ungkapnya.

Bedasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai wali murid maupun orang tua, Gus Ipul memastikan bahwa warga yang ada di Jatim tidak ada korban. Bahkan, orang tua dan wali murid di Jatim saat ini secara intens terus berkomunikasi dengan anak maupun sanak saudara yang ada di Yaman.

Menurutnya, masyarakat Jatim yang tidak ingin kembali ke Indonesia diharap dengan sukarela untuk berfikir secara jernih dan segera kembali ke Indonesia hingga situasi konflik di Yaman usai. Jika konflik dan situasi di Yaman sudah kondusif pemerintah pasti akan memfasilitasi warganya yang ingin kembali untuk belajar dan bekerja. “Saat ini, yang terpenting adalah seluruh WNI bisa kembali ke Indonesia. Jika situasi sudah aman, pemerintah pasti akan membantu dan memfasilitasi warganya,” pungkasnya. (hery)