02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Community Development Medical Check Up Gratis untuk Warga Keputih, Surabaya

Surabaya, KabarGress.Com – Pada hari Sabtu, 21 Februari 2015, pada pukul 09.00-12.00 WIB, AIESEC Surabaya akan mengadakan kegiatan Earth Stories yang bertajuk Community Development dimana AIESEC Surabaya bersama Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, serta mahasiswa asing yang berasal dari Rusia, Belanda, Taiwan, dan China akan melakukan medical check up kepada masyarakat daerah Keputih Tegal Timur Baru RT. 06 dan RT. 07, Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan pernapasan masyarakat Keputih serta memberikan penyuluhan tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pola hidup yang lebih baik atau better life style.

Community Development yang diselenggarakan oleh Light Up! Project team AIESEC Surabaya ini merupakan kegiatan lanjutan dari acara Let’s Observe sebelumnya yang diselenggarakan di tempat yang sama yakni di Keputih Tegal Timur Baru RT. 06 dan RT. 07 tanggal 15 Februari lalu. Let’s Observe merupakan acara sosialisasi tentang bahaya merokok kepada warga Keputih. Let’s Observe merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan PBoX (Project Based on Exchange) Light up! AIESEC Surabaya. PBoX merupakan Project yang dijalankan oleh AIESEC yang didalamnya melibatkan mahasiswa asing yang mengikuti program pertukaran pelajar untuk melakukan proyek sosial secara sukarela di Surabaya selama kurang lebih 6 – 8 minggu.

Seperti acara sebelumnya, Kegiatan Community Development Light up! Project kali ini mengambil tema mengenai kesehatan pernafasan karena menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya mencatat sepanjang tahun 2014, penderita ISPA mendominasi sebesar 41 persen dari seluruh jenis penyakit yang diderita oleh masyarakat Surabaya dengan jumlah yang masih tertinggi yaitu mencapai 302.012 orang. Adapun penyebab penyakit ISPA di Surabaya adalah akibat banyaknya polusi udara, pencemaran lingkungan dan kurang bersihnya pola hidup masyarakat sehingga memicu penyakit pernafasan ini.

Medical check up yang dilakukan bersama tim dari Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) ini tidak hanya pemeriksaan paru-paru tetapi juga untuk pemeriksaan gula darah, tensi dan asam urat untuk warga Keputih.

Sebelumnya AIESEC Surabaya dan mahasiswa asing yang berasal dari Rusia, Belanda, Taiwan, dan China juga telah melakukan workshop dan penyuluhan mengenai kesehatan di daerah Gayung Sari pada (08/01/15) dan di Atrium Royal Plaza pada (13/02/15) serta di daerah Keputih Tegal Timur Baru RT. 06 dan RT. 07 pada (15/02/15). Dari kegiatan medical check up ini diharapkan dapat mengetahui tingkat kesehatan pernapasan masyarakat Keputih serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan dapat menerapkan pola hidup yang lebih baik lagi. (ro)