Indosat Raih Penghargaan The Best Right of Shareholders

Indosat Raih Penghargaan The Best Right of ShareholdersJakarta, KabarGress.Com – Indosat berhasil mendapatkan penghargaan dari Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) dalam kategori The Best Right of Shareholders sebagai apresiasi dari praktik tata kelola perusahaan 2014 yang baik. IICD menyelenggarakan CG Conference & Award yang ke-6 ini dengan tema Tone at the Top – Commitment to Strengthen Corporate Governance Best Practices pada awal bulan Desember.

“Kami sangat bangga mendapatkan penghargaan dari IICD sebagai The Best Right of Shareholders. Indosat terus berkomitmen terhadap pelaksanaan tata kelola perusahaan (GCG) yang baik sebagai elemen fundamental dalam transformasi menjadi perusahaan yang bernilai tinggi dengan pertumbuhan yang berkesinambungan,” ujar Harsya Denny Suryo, Group Head Investor Relations & Corporate Secretary Indosat.

Dalam melakukan penilaian Corporate Governance (CG) perusahaan terbuka di Indonesia, IICD menggunakan acuan ASEAN Corporate Governance Scorecard yang merupakan inisiatif dari ASEAN Capitel Market Forum (ACMF) yang beranggotakan para regulator pasar modal di negara ASEAN.

Scorecard ini juga digunakan untuk menilai praktik CG perusahaan terbuka di Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Indosat merupakan satu dari 100 perusahaan terbuka di Indonesia yang tata kelola perusahaannya dinilai oleh IICD. Pada tahun 2012, IICD didukung oleh Asian Development Bank untuk menilai 100 perusahaan terbuka di Indonesia yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar, dan kemudian sejak 2013 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjuk IICD untuk melanjutkan penilaian tersebut.

Instumen penilaian mengacu pada prinsip-prinsip GC yang dikembangkan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) yaitu (1) hak-hak pemegang saham; (2) perlakuan yang setara terhadap pemegang saham; (3) peran pemangku kepentingan; (4) pengungkapan dan transparansi; dan (5) tanggung jawab dewan. Scorecard dan hasilnya ini dapat digunakan oleh Regulator untuk acuan dalam meninjau aturan dan pedoman untuk meningkatkan praktik tata kelola perusahaan terbuka. (ro)

Teks foto: Harsya Denny Suryo, Group Head Investor Relations & Corporate Secretary Indosat (kanan) saat menerima penghargaan The Best Right of Shareholders.

Leave a Reply


*