02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Bersinergi dengan Pemerintah, Ciptakan Indonesia yang Hijau, dengan Penanaman Satu Milyar Pohon

Bersinergi dengan Pemerintah, Ciptakan Indonesia yang Hijau, dengan Penanaman Satu Milyar Pohonholcim 1holcim 2holcim 4Tuban, KabarGress.Com – Mewujudkan prinsip industri hijau melalui kepedulian lingkungan, Holcim Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Tuban dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan “One Billion Indonesian Tree (Program Penanaman Satu Milyar Pohon) Tahun 2014 – Tingkat Provinsi Jawa Timur” pada Hari Selasa (23/12) di areal PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban.

Dihadiri oleh 1200 tamu undangan, acara dibuka oleh Bapak Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo dan dihadiri oleh Forpimda Provinsi Jawa Timur, Bupati Tuban, K.H. Fathul Huda, Seluruh Bupati/Walikota Jawa Timur, Forpimda Kabupaten Tuban, Perhutani, TNI/Polri, Pelajar/Mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat yang lain. Penanaman pohon dilakukan secara serempak oleh Gubernur dan seluruh peserta.

Kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan pentingnya fungsi pohon dalam mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor pada musim penghujan serta bencana kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau. Selain itu untuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca yang dapat mengurangi pemanasan global dan mencapai pembangunan Indonesia yang bersih (Clean Development Mechanism). Selain itu juga mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Dalam mengimplementasikan pengelolaan lingkungan di Pabrik Tuban, Holcim Indonesia telah menanam lebih dari 38.000 jenis tanaman buah dan tanaman keras jenis Mahoni, Trembesi, Ketapang laut, Sengon Buto dan lainnya di areal seluas 31 Ha di dalam dan di sekitar pabrik. Pemantauan terhadap kualitas air, debu dan kebisingan dilakukan secara periodik untuk meminimalisir dampak terhadap lingkungan. Program konservasi keanekaragaman hayati, kampung iklim dan mobil hijau juga diimplementasikan sebagai bagian dari manajemen lingkungan yang terpadu.

Atas komitmennya yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan, PT Holcim Indonesia Tbk mendapatkan penghargaan Proper Emas (Gold Proper) dari Pemerintah Republik Indonesia selama 5 kali berturut-turut untuk Pabrik Cilacap sejak tahun 2010. Penghargaan sebagai Industri Hijau juga diperoleh Holcim Indonesia dari Kementrian Perindustrian.

“Kami bangga dapat bersinergi dengan banyak pihak untuk mewujudkan kegiatan ini. Penanaman pohon untuk menciptakan Indonesia yang hijau sejalan dengan visi Holcim untuk terus konsisten melakukan pelestarian lingkungan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Holcim akan terus bekerjasama dengan pemerintah dan stakeholder untuk membantu mewujudkan Indonesia yang hijau demi masa depan generasi mendatang” kata General Manager PT Holcim Indonesia Tbk Tuban Plant, Sidik Darusulistyo. (ro)

Teks foto:

– Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Direktur Keuangan PT Holcim Indonesia Tbk dan General Manager PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban berfoto bersama usai penanaman pohon.

– Koperasi PKM mitra Holcim Indonesia Pabrik Tuban sedang berdialog sembari menunjukkan hasil produk binaannya kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Akhmad Sukardi beserta Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir. Gatot Soebektiono dan Bupati Tuban, H Fathul Huda.
 
Penerbangan Burung Merpati, simbolisasi puncak peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2014. (ki-ka) Direktur Keuangan PT Holcim Indonesia Tbk, Kent Carson;  Bupati Tuban, H Fathul Huda; General Manager Holcim Indonesia Pabrik Tuban, Sidik Darusulistyo; Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Akhmad Sukardi; dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir. Gatot Soebektiono.
 
Pemberian penghargaan kepada PT Holcim Indonesia Tbk oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dalam rangka apreasiasi kepada perusahaan yang telah menyerahkan lahan kompensasi atas penggunaan kawasan hutan dalam rangka HMPI dan BMN Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014.