21/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Minta Pramuka Harus Berkarakter Baik

Wagub Minta Pramuka Harus Berkarakter BaikSurabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jatim Drs. H Saifullah Yusuf, yangakrab disapa Gus Ipul meminta pramuka harusmempunyai karakter yang baik. Karena karakter yangbaik adalah cikal bakal terbentuknya generasi yangberkualitas dan bermental membangun.

“Pramuka bisa menjadi mediator pembentukankarakter anak bangsa, dengan cara menanamkan nilaipositif dan keanekaragaman budaya yang dimilikibangsa Indonesia,” terangnya saat Pekan OlahragaSeni dan Keagamaan ke III, dalam rangka HUT BadanKoordinasi Madrasah Sanawiyah Swasta (BMKS) ke 16Kab. Jombang di Lapangan Jogoroto, Jombang, Kamis(30/10).

Ia mengatakan, orang yang berkarakter mesticerdas, konkritnya bisa menggunakan akalnya denganbaik setiap menghadapi masalah. Kecerdasan itu jugaharus dilandasi dengan akhlak yang baik, karena tidakada gunanya orang cerdas tapi tidak berakhlakbegitupun sebaliknya. “Sebab itulah Al-qur’anmengajarkan kita untuk menjadi orang yang selalumengingat Alloh. Dan orang yang berakhlak pasti dekatdengan tuhannya,” jelasnya.

Selain itu, orang yang berkarakter juga harustangguh dan tidak gampang putus asa. Denganketangguhan maka generasi pramuka akan mampumenghadapi tantangan globalisasi, serta sanggupmenatap masa depan lebih baik. “Ini penting , karenasudah banyak orang sukses dan kaya yang tidaksanggup menghadapi masalah dengan melakukanpraktek bunuh diri,” imbuhnya.

Yang terakhir, tambah Gus Ipul, orang yangberkarakter juga harus peduli terhadap sesama,lingkungan, keluarga dan makhluk hidup lain sesamaciptaan tuhan. “Pramuka harus mampu menjadi motorpenggerak untuk peduli kepada semua hal terutamalingkungan hidup,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara PorsekaKhoiri mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakanselama 4 hari mulai 30 Oktober hingga 2 November 2014. Diikuti oleh sekitar 1600 peserta, yang berasaldari 80 Madrasah Sanawiyah swasta se KabupatenJombang. (eri)