03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Discover Pati – Wonder in Serenity Sabet Juara 1 dalam Festival Film Iklan Nasional

Pati (Saat Menerima Piala)Surabaya, KabarGress.Com – Pati. Ya, Pati merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan nasi gandulnya. Tak sedikit orang akan mengernyitkan dahi kala mendengar nama itu disebut. Karena itulah Surya Parulian Halim, Anastasia Pascaliany dan Ivan alumni Jurusan Desan Komunikasi Visual (DKV) UK Petra membuat iklan berdurasi 1 menit bertajuk Discover Pati – Wonder in Serenity dan berhasil menyabet juara 1 kategori mahasiswa dalam gelaran Festival Film Iklan Nasional (FFIN).

Lomba yang batas pengumpulan karyanya tanggal 31 Agustus 2014 yang lalu ini merupakan ajang kreatifitas untuk menggali potensi lokal baik pariwisata, kuliner, budaya, permainan tradisional atau lainnya yang belum dipromosikan dengan baik oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KEMENPAREKRAF). “Semua berawal saat menghadapi Tugas Akhir di DKV UK Petra, karya inilah yang kemudian saya ikutkan lomba dengan mengajak Ivan sebagai editor dan Anastasia sebagai copywriter untuk membuat narasi. Video ini kami remake dari 7 menit menjadi hanya 1 menit saja”, ungkap Surya.

Tak disangka – sangka, Discovery Pati – Wonder in Serenity ini memikat hati para juri dan mendapat juara 1 kategori mahasiswa. 11-12 September 2014 yang lalu, Surya dan kawan – kawan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan capacity building sekaligus penyerahan penghargaan berupa piala, sertifikat dan uang tunai dari KEMENPAREKRAF selaku penyelenggara FFIN.

Mengapa Pati? “Ini berawal dari pengalaman pribadi saya, banyak teman saya yang tak tahu kota asal saya. Saya sudah melakukan riset dan wawancara hingga ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah raga dan promosi Kabupaten Pati sangat minim. Pembuatannya sekitar 1,5 bulan dan re-makenya menghabiskan waktu sekitar 1 minggu”, tutup Surya. (ro)