03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

SMANOR Jatim Bakal Tambah Fasilitas Asrama

ATLET SMANOR dan Gulat SMANORSidoarjo, KabarGress.com – Sekolah Menengah Negeri Olahraga (SMANOR) Jawa Timur (Jatim) perlu segera menambah beberapa fasilitas, termasuk gedung baru untuk asrama siswa. Sebab, animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya, di SMANOR Jatim terus meningkat. Hal itu tercermin pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2014 ini, jumlah pendaftar meningkat. “Potensinya, memang masih sangat banyak. Namun, lantaran keterbatasan fasilitas jumlah PPDB kemarin, kita batasi,” kata Kepala UPT. SMANOR Jatim, Drs. Zainal Arifien, MPd, Selasa (2/9/2014).

Kepala UPT. SMANOR Jatim yang lekat disapa Pak Zainal ini mengakui minat masyarakat yang ingin menyekolahkan putra-putrinya terus meningkat. Tingginya animo masyarakat ini telah direspon.

Sebagai bentuk atensi tingginya keinginan publik tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, bakal merumuskan anggaran biaya belanja pembangunan gedung baru untuk asrama siswa-siswi. ”Pengajuan anggaran pembangunan gedung baru buat asrama saya dengar akan diajukan. Supaya lebih jelas, anda konfirmasi ke Bapak Kepala Dinas saja,” imbuh Zainal. “Maaf ya, saya tidak bisa lama-lama mau menghadiri rapat PON Remaja, di gubernuran,” tandasnya.

Penambahan fasilitas sebagai keniscayaan yang memang harus direalisasikan. “Kalau jumlah muridnya bertambah, otomatis fasilitas asramanya kudu ditambah. Kalau tidak, mereka tidur dimana,” ujarnya.

Kepala UPT. SMANOR Jatim, Drs. Zainal Arifien, MPd, dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim, HarunSMANOR Jatim, di dalam perjalanannya terus berkibar. Di bawah tangan dingin Zainal, SMANOR Jatim bukan saja sukses besar meraih prestasi. Hampir semua event di semua cabang olahraga (cabor) yang diikuti, berhasil menyabet juara. Ratusan trophy berhasil diraihnya.

Dalam kerangka menciptakan aktivitas belajar yang aman dan nyaman, SMANOR terus berbenah. Halaman depan gedung, dilakukan rehabilitasi dengan pavingisasi. Saat ini masih dalam proses pengerjaan. Demikian pula, gedung yang terletak di tengah (utara) gedung utama juga sedang di rehab atapnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan, selain sebagai wahana mencetak atlet muda berbakat, sehingga mampu meneguk prestasi. Dan, kenyataannya meski dihadapkan oleh fasilitas yang serba terbatas, berkat sentuhan tangan dingin Zainal, prestasi besar mampu diraihnya.

Disamping meneguk prestasi besar bidang ke olahragaan, siswa-siswi, dan atlet muda SMANOR juga mendulang sukses dalam bidang akademik. Karena bukti prestasi dalam dua bidang itu lulusan SMANOR Jatim, beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta membuka pintu lebar-lebar bagi alumni SMANOR. Bagi alumni SMANOR yang berkeinginan meneruskan karier dalam bidang keolahragaan, peluangnya cukup terbuka.

Sedangkan yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi, mereka tinggal masuk saja. Bahkan berdasar data yang terekam di sekretariat SMANOR , alumni SMANOR ada yang memilih menempuh pendidikan di ke militeran/kepolisian, dan beberapa diantaranya berhasil menempuh pendidikan ke universitas bergengsi di luar negeri.

Sementara, erat kaitannya dengan PON remaja yang bakal digelar di Jatim, ungkap Zainal Arifien, prinsipnya SMANOR cukup siap. Namun, karena hari ini masih dirapatkan Zainal mengaku belum bisa berandai-andai. ”Prinsipnya, saya siap. Namun, karena belum diberitahu berapa jumlah siswa yang bisa diikusertakan untuk PON besuk saya belum bisa memberikan penjelasan secarta detail. Yang pasti, yang bakal diikutkan siswa kelas I dan II, yang kelas 3 tidak boleh ikut,” tegas Zainal, seraya menyarankan detailnya, ke Ketua Koni Jatim.

“Masalah detailnya, anda tanya saja ke Pak Dhimam Abror. Pak Abror tentu lebih tahu, kalau saya di SMANOR tinggal mempersiapkan siswa-siswi yang dibutuhkan. Semakin banyak, menurut hemat saya lebih baik,” pungkasnya. (Eri)