25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Universitas PGRI Adi Buana Ciptakan SDM Berdaya Saing

Universitas PGRI Adi Buana SurabayaSurabaya, KabarGress.com – Universitas PGRI Adibuana (Unipa) Surabayamenciptakan Sumber Daya Manusia yang memiliki daya saingdan siap untuk menghadapi Asean Economic Challenge (AEC) 2014. Hal itu dibuktikan semakin banyak mahasiswa yangmendaftarkan diri untuk berkuliah di Unipa Surabaya.

“Apabila tidak memiliki kualitas yang bagus, tiap tahunnyapasti mahasiswa yang mendaftar akan semakin berkurang. Akantetapi, tiap tahun jumlah peminat Unipa Surabaya semakinbertambah,” demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H.Saifullah Yusuf saat membuka Orientasi Mahasiswa BaruUniversitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jl. Dukuh Menanggal XXI, Surabaya, Kamis (4/9).

Menurutnya, semakin bertambahnya mahasiswamenunjukkan kualitas  Unipa Surabaya diakui masyarakat,bukan hanya di Surabaya maupun Jatim, tapi juga provinsi lain. Hal itu dibuktikan dari beberapa mahasiswa dari Nusa TenggaraTimur dan provinsi lain yang mengambil study di UnipaSurabaya.

Ia menuturkan, ada beberapa factor yang membuatlembaga pendidikan dikatakan bagus, yakni memiliki kurikulumyang bagus, pengajar yang berkompeten, dan infrastrukturpendidikan yang memadai. “Terutama, factor pengajar. 50persen lembaga ditentukan oleh kualitas pengajar. Tanpamemiliki pengajar yang bagus, infrastruktur dan kurikulumtidak ada gunanya, “ jelas Gus Ipul sapaan akrabnya.

Dari tiga faktor tersebut, ucapnya, Unipa Surabayamempunyainya, sehingga bukan tidak mungkin kedepannyaakan terlahir pemimpin alumnus Unipa Surabaya. “Apabilafactor penunjang tersebut sudah tersedia, saat ini factor terakhiradalah kesiapan dari pelajarnya. Tanpa diiringi dengansemangat belajar yang kuat, akan percuma fasilitas yangmemadai tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada AEC 2014 nanti, hanya SDM yangberkualitas yang akan mampu bersaing untuk mendapatkanpekerjaan. Nantinya, saingan berasal bukan hanya dariIndonesia akan tetapi juga dari Negara ASEAN lainnya.  Olehsebab itu, butuh ketekunan dan semangat belajar tinggi agarbisa bersaing di AEC 2014. (Eri)