05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Pamong Saka Pramuka Se-Jatim Hijaukan Kali Surabaya

pramuka-1Gresik, KabarGress.Com – Prihatin dengan kondisi bantaran Kali Surabaya yang gersang dan rusak karena industri, puluhan pamong saka Pramuka Se-Jawa Timur menggelar penanaman pohon di Desa Wringinanom, Gresik, Kamis (28/08/2014).

Aksi itu dilakukan para pamong saka, di sela kegiatan Kemah Kursus Mahir Lanjutan yang digelar mulai Selasa (26/08/2014) di Kawasan Balongbendo, Krian, Sidoarjo.

Bambang satu diantara peserta kursus mahir lanjutan mengatakan, kegiatan yang diikuti para calon pembina pramuka penegak itu, diharapkan selain meningkatkan kemampuan dari para pamong dalam menjelajah alam, mereka juga bisa meningkatkan kepeduliannya pada lingkungan.

“Dengan kegiatan ini, kami sangat senang karena ada dukungan dari para aktifis lingkungan hidup di Jawa Timur yang juga membantu pelaksanaan kegiatan kami,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, agenda penanaman pohon yang dilakukan di bantara Kali Surabaya itu, juga sebagai bukti kalau para pamong saka Pramuka tidak hanya berteori dalam kegiatan pramuka tapi juga langsung turun dan melakukan aksi secara nyata di masyarakat dan lingkungan.

Kemah Kursus Mahir Lanjutan itu, diikuti para pamong saka dari semua kabupaten-kota di Jawa Timur dengan mengirimkan dua perwakilan mereka untuk tiap-tiap daerah. Kegiatan mereka akan berakhir Sabtu (30/08/2014) dan rencananya akan diisi dengan agenda menyusuri Sungai Brantas yang kondisinya sudah rusak karena pencemaran. [KJPL]