23/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Animo Pendonor Darah Surabaya Selalu Luar Biasa

Vicky Shu menjalani tes darah sebagai salah satu prosedur menyumbangkan darah.
Vicky Shu menjalani tes darah sebagai salah satu prosedur menyumbangkan darah.

Surabaya, KabarGress.Com – Animo masyarakat pendonor darah di Surabaya memang selalu luar biasa. Ratusan calon pendonor tampak berbondong-bondong menyerbu kegiatan Safari Donor Darah Ramadhan yang diselenggarakan Pundi Amal SCTV, di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, berlangsung Rabu-Kamis (23-24/7/2014).

Project Officer Pundi Amal SCTV, Alva Adithya, pihaknya mentargetnya 1500 kantong darah. “Dari setiap rangkaian Safari Donor Darah Ramadhan, Surabaya selalu yang terbanyak pendonornya. Luar biasa. Dan ini bisa membantu kebutuhan PMI yang pada tiap Ramadhan memang berkurang stoknya,” jelas Alva.

Sementara itu, Humas PMI Jatim, Agung, mengungkapkan memang setiap Ramadhan stok darah berkurang hingga 40 persen. Dengan adanya donor semacam ini, mampu menutupi kekurangan yang 30 persennya.

Tampak meramaikan acara amal ini, penyanyi cantik Vicky Shu bertindak sebagai penyemangat tersendiri bagi pendonor darah. Ia menyapa ratusan para pendonor yang berasal dari Surabaya dan sekitarnya itu.

“Sudah berapakali donor darah pak?” tanya Vicky kepada salah satu pendonor.

Vicky Shu memberikan semangat kepada masyarakat yang berpartisipasi donor darah.
Vicky Shu memberikan semangat kepada masyarakat yang berpartisipasi donor darah.

Gadis kelahiran Cilacap 8 Juli 1987 itu juga menanyakan kenapa mau mendonorkan darahnya. “Dulu saya juga pernah mencoba mau donor darah. Tetapi setelah diperiksa ternyata HB saya rendah. Saya akan coba lagi disini,” ujar pemilik nama lengkap Vicky Veranita Yudhasoka itu.

Ia pun melakukan rangkaian pemeriksaan. Ternyata, setelah ia memeriksakan darahnya, HB-nya rendah dan tekanan darah juga rendah. “Yah, gagal donk saya mau donor darah,” tukasnya.

Selain tidak bisa donor, berdasarkan test darah kemarin Vicky baru tahu ternyata golongan darahnya O. “Waktu kecil saya sudah pernah test golongan darah, hasilnya B. Di KTP juga tertulis B. Eh, ini abis diperiksa kok O resus positif?” ujarnya heran agak shock.

Setelah mendapat penjelasan, ia paham kalau ternyata test golongan darah saat kecil itu masih belum stabil, bisa berubah. “Orang tua saya itu darahnya golongan B. Adik yang kecil juga B. Hanya adik nomor dua yang O. Ternyata sekarang golongan darah saya juga O,” tegasnya.

Namun, meski gagal donor darah, pelantun tembang Mari Bercinta itu tetap menghibur para pendonor pada acara Pundi Amal Safari Donor Darah Ramadan yang kemarin membludak. “Bapak-bapak, ibu-ibu puasa kan? Tetap semangat ya mendonorkan darah,” sapa Vicky kepada para pendonor yang antre di halaman kantor PMI Surabaya.

Kesempatan kemarin itu, Vicky mengajak pendonor untuk main game dengan aneka pertanyaan seputar PMI, dan seputar lagu-lagunya. “Saya itu baru tahu, kalau saat Ramadan itu stok darah berkurang. Dan saya sangat apresiatif terhadap para pendonor disini yang ternyata sangat luar biasa banyaknya,” tandasnya. (Ro)