11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Koarmatim Sambut Kedatangan Personil Satgas MTF Konga XXVIII-H/UNIFIL

IMG_20160906_155618-1280x720Surabaya, KabarGRESS.com – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menyambut kedatangan 107 Prajurit Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda (Konga) XXVIIl-H/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) yang dikomandani Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T., sukses melaksanakan tugas dalam mengamankan perairan Lebanon pada misi perdamaian PBB. Penyambutan Satgas MTF ke-8 ini berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (6/9/2016).

Selama penugasan, kapal yang merupakan organik jajaran Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkorarmatim) ini telah secara aktif memberikan kontribusi kepada Maritime Task Force/UNIFIL. Mulai dari pelaksanaan patroli rutin, latihan bersama baik dengan Lebanese Armed Forces (LAF) – Navy maupun unsur-unsur Maritime Task Force/UNIFIL lainnya di Area of Maritime Operation (AMO).

Dengan KRl Bung Tomo-357, Satgas Maritim TNI Konga XXVlll-H/UNlFlL selama melaksanakan penugasan menunjukkan prestasi operasi tertinggi diantara kapal-kapal perang dari negara Jerman, Brazil, Yunani, Turki dan Bangladesh. Operasi yang dilaksanakan antara lain hailing di AMO sebanyak 1.097 kali dan keseriusan sebagai MIO (Maritime Interdiction Operation) Commander, HEC (Helly Element Control) maupun AAWC (Anti Air Warfare Commander) serta aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan UNIFIL.

IMG-20160907-WA0030-1024x768Misi diplomatik yang telah aktif dilakukan Satgas MTF XXVlll-H/UNlFlL sangat berdampak positif antara lain, meningkatkan hubungan baik antara Lebanese Armed Force (LAF) Navy dan TNl, sehingga LAF Navy Commander memberikan LAF Medal kepada Dansatgas Maritim TNI Konga XXVlll-H/UNlFlL, Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T.

Peran yang ditunjukkan prajurit Satgas MTF XXVIII-H/UNIFIL antara lain; meningkatkan hubungan dan kepercayaan pejabat UNIFIL kepada unsur MTF dari Indonesia, KRI Bung Tomo ditunjuk memimpin Latihan Gabungan unsur MTF pada tahap formex, Meningkatkan hubungan baik antar sesama warga negara Indonesia di Lebanon, Meningkatkan fungsi KBRI Beirut sebagai pusat koordinasi Pemerintahan RI di Beirut, Memperkenalkan budaya Indonesia di Lebanon.

Selanjutnya, prajurit Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL setelah melaksanakan misi PBB yang berhasil meraih predikat “Outstanding” dari MTF Commander UNIFIL akan mengawaki KRI Jhon Lie-358, sedangkan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL dengan Komandan KoIoneI Laut (P) Heri Triwibowo, S.E., dengan jumlah 107 personel akan mengawaki KRI Bung Tomo-357 untuk melanjutkan misi perdamaian dunia PBB dalam misi Maritime Task Force di Lebanon. (ro)