Ditpolair Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan Sepeda Motor ke Pulau Kangean

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol R.P. Argo Yuwino, memberikan keterangan persSurabaya, KabarGress.com – Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Jatim berhasil menggagalkan upaya penyelundupan beberapa sepeda motor ke Pulau Kangean. Sebanyak 10 kendaraan bemotor roda dua berbagai merek, yang akan dikirim ke Pulau Kangean melalui jalur laut dari Pelabuhan Kalbut Situbondo, berhasil diamankan polisi. Diduga, kendaraan tersebut akan diselundupkan dan dijual ke Madura.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol R.P. Argo Yuwino, mengungkapkan petugas dari Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Jatim mencurigai KLM Putri Kembar yang hendak berlayar membawa bahan bahan kelontong. Setelah diperiksa, ternyata kapal juga mengangkut sepeda motor.

Ditpolair Polda Jatim - sepeda motor yang akan diselundupkan ke Pulau Kangean“Jadi, anggota Ditpolair ini menemukan kapal yang mengangkut sepeda motor, ini di perairan Situbondo. Setelah dicek kelengkapannya, ternyata motor ini tidak ada kelengkapannya,” jelasnya, Senin (11/4/2016).

Tim lidik kemudian menyebarkan informasi kendaraan tersebut ke Polres jajaran. Kemudian diketahui, jika 5 dari 10 kendaraan tersebut diduga hasil tindak pidana atau kejahatan. Sedangkan 5 lainnya diduga masih belum memiliki surat resmi atau plat nomor.

“Kemudian dibawa ke Polair, terus disebarkan ke Polres Polres. Dari 10 motor ini, lima motor hasil curian,” tandasnya.

Modus operandi pelaku adalah, dengan menyembunyikan kendaraan bermotor ini dengan dalih mengangkut bahan-bahan kelontong. Polisi masih menyelidiki pemilik atau orang yang memesan sepeda motor ini.

“Nanti setelah ini kita kembangkan lagi yang lima ini motornya milik siapa. Mau dikirim ke kepulauan di daerah Madura,” imbuhnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan polisi antara lain, 1 unit KLM Putri Kembar, serta 10 unit motor masing masing 3 unit Honda Scoopy, 2 unit Honda Vario 125 cc. Dan masing masing satu unit Honda Vario 150 cc, Kawasaki KLX, Yamaja Vixion, Suzuki Satria FU, dan Honda Beat. (ro)

Teks foto:

  • Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol R.P. Argo Yuwino, memberikan keterangan pers.
  • Barang bukti sepeda motor yang akan diselundupkan para tersangka ke Pulau Kangean.

Leave a Reply


*