29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

LPDP Siapkan Anggaran Beasiswa Rp1,4 Triliun

JpegSurabaya, KabarGress.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 2016 ini menyiapkan anggaran beasiswa Rp1,4 triliun guna membiayai sekitar 5 ribu mahasiswa. “Target penerima beasiswa dari tahun ke tahun terus kami tingkatkan. Pada 2015, penerima beasiswa sebanyak 4.500 penerima, sedangkan pada tahun ini targetnya sekitar lima ribu penerima beasiswa,” ungkap Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo, di sela-sela acara “LPDP Edufair 2016”, di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (4/2/2016).

Menurut Eko, sebanyak 60 persen penerima beasiswa pada 2015 melakukan studi ke luar negeri dan sisanya ke dalam negeri. Namun pada tahun ini, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ingin merubah perbandingan tersebut.

“Kami ingin 60 persen dari penerima beasiswa melakukan studinya di dalam negeri, untuk mendorong kampus di Indonesia menjadi 500 ‘World Class University’, sehingga kami dengan Kemenristekdikti memperbanyak kuota beasiswa,” terangnya.

JpegLPDP juga masih ingin melihat bagaimana tren selanjutnya untuk mencoba membalik perbandingan penerima beasiswa di dalam negeri dan luar negeri, karena harus dilakukan kajian terlebih dahulu.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP, Mokhamad Mahdum mengapresiasi para hadirin yang sudah datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, dan berharap mereka yang berkesempatan menyaksikan langsung Edufair ini bisa membagi pengalaman pada rekan di sekitarnya.

“Informasi ini harus disebarkan ke masyarakat Indonesia. Di sisi lain LPDP berasal dari dana rakyat, sehingga semua warga berkesempatan meraih beasiswa dari beragam program yang ditawarkan, namun tidak semua orang berhak,” tukasnya.

Sedangkan Wakil Rektor III UNAIR, Prof Mochammad Amin Alamsjah, M.Si, Ph.D, menambahkan kegiatan ini memiliki daya tarik hingga mencapai 10.500 orang yang melakukan registrasi. (ro)

Teks foto:

  • Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo.
  • Para peserta LPDP Edufair 2016, di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (4/2/2016).