All New Fortuner Incar 35 Persen Market Share SUV di Jatim

* Panjang Bertambah 90 mm dan Lebar Bertambah 15 mm

JpegSurabaya, KabarGress.com – All New Fortuner, Sport Utility Vehicle (SUV) yang baru diperkenalkan ke publik pada 22 Januari 2016, langsung mengincar 35 persen market share di Jawa Timur. “Permintaan pasar pada segmen SUV sangat tinggi. Kami optimis All New Fortuner bakal mampu mendongkrak penjualan Toyota di segmen SUV. Jika selama ini Fortuner menguasai 25,5% pasar SUV di Jatim, dengan hadirnya model baru ini diharapkan bisa naik menjadi 35%,” ungkap Operation Manager Auto2000 Area Jawa Timur Plus, Hendra Purnawan, di sela-sela acara “All New Fortuner Media Gathering”, bertempat di Shangri-La Hotel, Surabaya, Rabu (27/1/2016).

Tanda-tanda All New Fortuner bakal menguasai pangsa pasar SUV (sebuah jenis mobil yang dirancang untuk mampu melewati berbagai medan, baik trek off road maupun on road dengan membawa muatan baik barang maupun penumpang), tampak dari capaian bahwa sudah lebih 450 unit All New Fortuner telah dipesan konsumen di wilayah Jawa Timur. “Selama ini rata-rata penjualan Fortuner di Jatim mencapai 105 unit per bulan,” ujarnya.

Disebutkan, sepanjang 2015, berdasarkan data Auto2000, dari total market MPV medium 4×2 SUV High di area Jawa Timur sejumlah 5.002 unit. Toyota Fortuner berhasil meraih angka penjualan sebesar 1.254 unit atau 25,1% dari total penjualan.

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan All New Fortuner hadir atas respon Toyota dalam menghadapi dinamika masyarakat Indonesia dalam konsep Let’s Go Beyond. “All New Fortuner yang menjadi bagian dari Beyond Product hadir dengan teknologi engine terbaru dari mesin GD dengan VN-Turbo Intercooler untuk diesel dan mesin bensin yang dilengkapi teknologi baru Dual VVT-i,” terangnya.

All New Fortuner media gathering SurabayaTeknologi yang dibenamkan ke All New Fortuner ini menjanjikan performa SUV menengah yang lebih tangguh dibandingkan model sebelumnya. Masing-masing mesin tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis enam percepatan. All New Fortuner ditawarkan dalam empat varian, yakni mesin bensin 2.7 liter SRZ berpenggerak 4×2 dengan transmisi A/T. Juga ada varian mesin diesel 2.4 liter G dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Terakhir, varian diesel 2.4 liter VRZ yang cuma ditawarkan dalam transmisi otomatis.

Agar konsumen yang sudah inden tidak kecewa, menurut Henry, pihak TAM berjanji proses inden tidak akan terlalu lama sehingga pelanggan bisa segera merasakan sensasi dari All New Fortuner.

Perlu diketahui, mobil SUV mewah ini tersedia dalam 7 pilihan warna berbeda. Mobil ini hadir dengan sejumlah perubahan pada bagian eksterior dan interiornya yang kini memang terlihat semakin mewah dan gagah. Eksterior All New Fortuner kini terlihat lebih gagah dan mewah. Ini berkat perubahan sejumlah aksesoris yang melekat pada mobil high Suv ini seperti pada bagian depan. Lampu depan All New Fortuner didesain lebih apik dan lebih slim dari versi sebelumnya, prominent chrome grille dipadukan dengan new LED taillights.

Tidak berhenti disitu, bagian eksterior Toyota Fortuner yang berubah ada pada bagian kap mesin, velg berukuran 18 inch, blacked-out pillars dengan nuansa floating roof. Toyota All New Fortuner memiliki bodi yang lebih besar dari versi sebelumnya. Ukuran panjangnya bertambah 90 mm dengan penambahan lebar 15 mm namun dengan jarak poros roda masih mengadopsi tipe lama yaitu 2.750 mm. Hanya saja kini bodi All New Fortuner menjadi lebih rendah 15 mm dari sebelumnya. Suspensi All New Fortuner atau bagian kaki-kakinya juga telah menggunakan sistem multi link. Sistem ini diklaim lebih stabil saat berkendara bila dibandingkan dengan sistem yang digunakan sebelumnya yaitu semi independent coil spring.

Toyota-Fortuner-Warna-Biru editInterior All New FortunerKemudian bagian interior All New Fortuner juga mengalami perubahan. Ini terlihat dari desain dashboard yang terlihat lebih moderen. Untuk tipe termurahnya, mobil ini telah dilengkapi berbagai fitur yang tidak dimiliki di Fortuner sebelumnya seperti push-button start, keyless entry, adjustable steering, traction control, VSC, hill start assist dan 3 unit airbags.

Sementara interior All New Fortuner varian termewahnya dilengkapi dengan material kulit berwarna cokelat, power tailgate, monitor layar sentuh dengan sistem navigasi, hill descent control, reverse camera serta tan untuk upholstery yang terlihat sangat berkelas. (ro)

Teks foto: Area V General Manager PT TAM, Dharmawan Harlim, Senior Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, Operation Manager Jatim Auto2000, Hendra Purnawan dan Kepala CabangĀ Auto2000 Basuki Rahmat, Hasan, saat konferensi pers launching All New Fortuner, di Surabaya, Rabu (27/1/2016).

Leave a Reply


*