Kemenkumham Jatim Tampik BNNP Bongkar Sindikat Narkoba di Lapas

Kemenkumham Jatim Tampik BNNP Bongkar Sindikat Narkoba di LapasSurabaya, KabarGress.Com – Adanya pemberitaan pembongkaran sindikat narkoba beberapa hari yang lalu di lapas lembaga kemasyarakatan Surabaya, Madiun, dan Pamekasan oleh BNNP Jawa Timur langsung mendapat reaksi keras dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Jawa Timur.

Kemenkumham Jatim menerangkan, bahwa pemberitan di media massa  tentang pembongkaran sindikat narkoba di tiga kota tersebut adalah tidak benar. Pasalnya, enam bulan terakhir ini tim satgas kamtib kanwil telah melakukan penggeledahan serta tes urine di lima Kordinator Wilayah (Korwil) di Jatm.

“Makanya tidak benar kalau kantor wilayah membiarkan ada peredaran gelap di narkoba yang dilakukan di Lapas,” terang, Kepala Kanwil Budi Sulaksana, saat menggelar jumpa pers di Kemenkumham Kanwil Jatim, Kamis (5/11/2015).

Dirinya menyatakan, bahwa sampai tanggal 4 November, di lembaga pemasyarakatan Surabaya, lembaga pemasyarakatan Madiun kelas I dan II A, serta di lembaga pemsayarakatan narkotika kelas II A di pamekasan masih belum ada informasi apapun terkait penangkapan WBP oleh BNNP Jatim.

“Makanya saya penasaran dengan BNNP Jatim, soal penangkapan benar atau tidak. Karena selama ini kami sudah melakukan pengawasan sangat ketat, mulai dari penggeledahan, dan tes urine,” katanya.

Kemenkumham Jatim, lanjutnya, saat ini sudah membentuk tim satgas khusus untuk Pencegahan, Pemberantasan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Tim ini berfungsi untuk melakukan segala kegiatan di seluruh lapas di Jawa Timur.

“Dengan adanya P4GN ini, kami yakin akan mengawasi seluruh rutan atau lapas yang ada di wilayah Jawa Timur. Memang kami juga mengakui bahwa ada kelemahan, yakni tidak mempunyai alat,” pungkasnya. (tur).

Leave a Reply


*