03/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Gaikindo Akan Gelar Pameran Otomotif Terbesar se-Asia Tenggara

JpegSurabaya, KabarGress.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran otomotif bertaraf internasional bertitel Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Surabaya tepatnya pada 9-13 Desember 2015 di Grand City, Surabaya. Event serupa, GIIAS Makassar akan diadakan pada 25-29 November 2015 di Celebes Convention Center, Makassar. Diharapkan event yang pastinya ditunggu-tunggu masyarakat ini akan dihadiri setidaknya 30 ribu pengunjung.

“Keyakinan kami dikarenakan ajang tersebut menjadi satu-satunya pameran resmi Gaikindo yang membawa berbagai inovasi baru. Kehadirannya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional,” ungkap Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, di sela-sela acara media gathering di Surabaya, Kamis (30/7/2015).

Menurut Noegardjito, acara pameran otomotif yang digelar Gaikindo telah mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui Organization Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA).

“Di bawah naungan OICA, GIIAS ikut dicatatkan sebagai pameran otomotif kelas dunia seperti NAIAS-Detroit Auto Show, IAA-Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Auto China Beijing, dan Tokyo Motor Show. Oleh sebab itu, kami berkomitmen terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. Kami tentunya tidak fokus pada perkembangan industri serupa di Jakarta tapi di Kawasan Indonesia Timur seperti Makassar dan Surabaya,” terangnya.

GIIAS dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengembangkan industri otomotif lokal, bertukar informasi seputar teknologi terkini, sarana untuk mengembangkan industri pendukung dan komponen otomotif. Bahkan, diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat lokal untuk menikmati industri otomotif melalui acara-acara pendukungnya.

“Pelaksanaan GIIAS Makassar dan GIIAS Surabaya sama halnya seperti GIIAS Jakarta. Di Makassar dan Surabaya, kami akan membawa Agen Pemegang Merek (APM) anggota Gaikindo untuk berpartisipasi di dua kota tersebut,” tukasnya.

Pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu akan menghadirkan total 34 merek kendaraan yang terdiri atas 23 merek kendaraan penumpang dari Agen Pemegang Merek (APM). Ke-23 merek APM itu adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW.

“Lalu, dua merek kendaraan penumpang yang masuk melalui importir umum yakni Aston Martin dan McLaren. Ada pula merek kendaraan komersial terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Maxus, Iveco, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks,” sebutnya.

Pemilihan kota Surabaya dan Makassar dipicu perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakat. “Akibatnya, memicu tingginya kebutuhan terhadap kendaraan dan kegemaran masyarakat dalam memodifikasi kendaraannya,” timpalnya.

Kondisi itu, menurut Noegardjito, menjadikan industri otomotif sebuah peluang bisnis yang sangat prospektif. Berikutnya, dihadirkan berbagai program unggulan yang dipercaya akan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di kedua kota tersebut seperti Automotive Community’s Day, DJ Performance on Car, Modification Contest, dan Freestyle Motorbike Show.

Ditambahkan, GAIKINDO Indonesia International AUTO SHOW 2015 (GIIAS) di Jakarta, tepatnya pada 20-30 Agustus 2015, bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) – BSD City Jl. BSD Green Boulevard, BSD City, South Tangerang – Banten, Indonesia. Tahun ini, ICE, sebagai tempat penyelenggaraan GIIAS 2015 menyediakan area pameran indoor seluas 60.000 m2, selain itu, kawasan berikat seluas 800 m2 juga tersedia untuk memudahkan keperluan logistik peserta.

Terletak di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Indonesia Convention Exhibition (ICE) berdiri di atas total lahan seluas 220.000 meter persegi. Dengan konsep indoor exhibition, ICE menawarkan kenyamanan lebih bagi peserta maupun pengunjung pameran. ICE memiliki 1 convention center dan 10 exhibiton halls yang kesemuanya dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur berskala internasional sehingga akan memudahkan para peserta untuk bereksplorasi dengan booth-nya.

ICE dioperasikan oleh Deutsche Messe, yang sudah menangani beberapa pameran intenational dengan pelayanan kelas dunia. Terletak sekitar 33 kilometer dari pusat kota Jakarta dan sekitar 25 kilometer dari Bandara Soekarno Hatta, ICE sangat mudah dijangkau, dengan akses moda transportasi yang lengkap. Untuk mengorganisir pameran GIIAS 2015 ini GAIKINDO telah menunjuk Seven Events sebagai pelaksananya.

Presiden Direktur Seven Events, Andy Wismarsyah, menjelaskan ajang GIIAS 2015 menawarkan berbagai kemudahan bagi pengunjungnya. “Anda akan dapat langsung menikmati kenyamanan dari fasilitas serta ragam acara yang kami tawarkan. Keunggulan fasilitas GGIIAS 2015 antara lain sistem parkir yang nyaman, akses yang mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum yang dirancang terintegrasi dengan pelaksaan GIIAS, serta unit shuttle busyang lebih banyak dari sebelumnya dan tersedia di pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Andy juga menambahkan acara-acara unggulan GIIAS 2015, seperti , The 10th Indonesia International Automotive Conference dan program seru Off Road Festival & AWD Challenge akan hadir dengan konsep baru yang lebih menarik. (ro)