05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

OJK Gelar Pasar Rakyat Syariah

* Akselerasi Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah di Jawa Timur

Surabaya, KabarGress.com – Pertumbuhan aset dan pembiayaan industri Perbankan Syariah di Jawa Timur pada triwulan I – 2015 masing-masing tercatat sebesar 11,46% dan 10,39% mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi yang sama pada tahun 2014 yaitu sebesar 29,93% dan 27,40%. Penurunan ini sejalan dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional yang sampai akhir Maret 2015 tercatat sebesar 4,71% dibandingkan dengan triwulan I – 2014 sebesar 5,21%. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional tersebut tidak terlepas dari ekonomi secara global yang belum pulih.

Pada triwulan I – 2015, tercatat rasio LDR Perbankan Syariah di Jawa Timur sebesar 101,72% mengalami penurunan dibandingkan dengan triwulan I – 2014 sebesar 106,20%. Total pembiayaan yang berhasil disalurkan oleh perbankan syariah di Jawa Timur pada triwulan I – 2015 mencapai sebesar Rp19.717 miliar. Sementara itu, pada aspek kinerja kualitas pembiayaan terjadi peningkatan rasio NPF Perbankan Syariah di Jawa Timur yaitu dari sebesar 3,50% pada triwulan I – 2014 menjadi sebesar 4,90% pada triwulan I – 2015. “Kondisi rasio NPF Perbankan Syariah di Jawa Timur tersebut masih sedikit lebih baik dibandingkan dengan Nasional yang mencapai sebesar 4,92% pada triwulan I – 2015,” ungkap Sukamto, Kepala Kantor Regional 3 OJK, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

Dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan industri perbankan syariah di Jawa Timur dan industri keuangan syariah lainnya, Kantor Regional 3 OJK berencana menggelar “Pasar Rakyat Syariah” yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2015, bertempat di Lapangan Parkir Grand City Surabaya. “Acara kegiatan tersebut secara serentak akan diselenggarakan di 6 (enam) kota besar yaitu Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Makassar, termasuk peresmian kampanye nasional keuangan syariah oleh Bapak Presiden Republik Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Juni 2015,” terang Sukamto.

Acara “Pasar Rakyat Syariah” merupakan bagian dari program Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) yang merupakan bentuk komitmen OJK dalam mengembangkan industri keuangan syariah, melakukan edukasi keuangan syariah kepada masyarakat, serta meningkatkan kesetiaan dan kecintaan masyarakat kepada produk dan lembaga keuangan syariah. Kami juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa lembaga keuangan syariah bersifat universal dan terbuka untuk seluruh umat beragama baik untuk bekerja maupun menggunakan jasa lembaga keuangan syariah tersebut.

Rangkaian kegiatan “Pasar Rakyat Syariah” di Surabaya terdiri dari talkshow, pasar rakyat oleh industri dan nasabah lembaga keuangan syariah, serta peluncuran program ACKS yang akan dihadiri oleh berbagai stakeholder antara lain jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur, Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Timur, Ketua Ikatan DAI Indonesia Jawa Timur, Ketua PWNU Jawa Timur, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia Jawa Timur, Ketua Asosiasi Dewan Pengawas Syariah Indonesia Jawa Timur, Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Jawa Timur, Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Jawa Timur, Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Jawa Timur, Ketua Indonesian Islamic Business Forum Jawa Timur, dan Ketua BAZNAS Jawa Timur.

Acara “Pasar Rakyat Syariah” tersebut akan dimulai dengan acara jalan ceria “fun walk” yang akan dimulai dari Grand City Surabaya. Selain itu, pada acara tersebut akan dimeriahkan oleh 60 stand yang berasal dari lembaga keuangan syariah, seperti bank, asuransi, pegadaian, dan pasar modal, serta berbagai produk industri dan UMKM syariah. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan “fun walk” panitia menyediakan door prize antara lain berupa sepeda motor, sepeda lipat, televisi dan lain sebagainya, dengan grandprize berupa paket ibadah Umroh.

Kegiatan “fun walk” tersebut kami selenggarakan secara gratis bagi seluruh masyarakat yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Untuk itu, kami menghimbau bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan “fun walk” tersebut dan memperoleh doorprize dapat mengambil kupon doorprize yang disediakan oleh panitia di Graha Pena, Gedung JTV Jl, A. Yani No. 88, Surabaya atau langsung pada saat pelaksanaan “fun walk”. Disamping kegiatan “fun walk”, panitia juga menyelenggarakan lomba mewarnai bagi anak-anak serta hiburan lainnya.

“Untuk itu, kami dari Kantor Regional 3 OJK, mengundang partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk turut memeriahkan kegiatan tersebut. Kami berharap bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, masyarakat akan lebih mengenal berbagai jenis lembaga keuangan syariah termasuk produk-produk yang ditawarkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan akses masyarakat terhadap industri keuangan syariah sehingga ke depan pertumbuhan industri keuangan syariah dapat lebih ditingkatkan, khususnya di Jawa Timur sendiri,” tambah Sukamto. (ro)