16/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Standard Chartered Bank Anugerahkan “Red Ribbon Award” Bagi Pelajar

* Melalui Program “Youth For Social Activation”, Sebuah Upaya Edukasi Penyadaran HIV/AIDS

Photo-Aphoto-Bphoto-Cphoto-Dphoto-EJakarta, KabarGress.Com – Standard Chartered Bank hari ini memberikan Red Ribbon Award kepada tiga sekolah berprestasi melalui program Youth for Social Activation – Living with HIV (Y4SA-LwHIV). Kegiatan yang dijalankan bersama Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) selama tahun 2014 ini, merupakan kompetisi program kampanye yang bertujuan untuk memberikan motivasi bagi generasi muda dalam penyadaran HIV/AIDS. Dari 20 sekolah yang telah mengajukan proposal program kampanye Y4SA-LwHIV, terpilih tiga sekolah sebagai pemenangnya yaitu SMA Ketapang 3, SMAN 4 Jakarta dan SMA Ora Et Labora. Pemilihan dilakukan melalui kegiatan penjurian termasuk seleksi proposal program kampanyedan implementasi program di lapangan.  Kegiatan penganugerahan award dilaksanakan, dalam rangkaian peringatan Hari Aids Dunia (World Aids Day 2014).

Berdasarkan data dari Ditjen PP&PL Kemenkes RI, sampai dengan bulan September 2014 tercatat jumlah kumulatif sebanyak 1,717 kasus penderita AIDS di golongan usia 15-19 Tahun.  Jumlah yang rentan dan sangat perlu perhatian khusus. Sementara pendataan yang sama turut menyebutkan 77% penyebab penularan HIV/AIDS tersebut dikarenakan kasus hubungan seks tidak aman pada heteroseksual sisanya melalui jarum suntik, hubungan sesama jenis dan sebagainya

Shee Tse Koon – CEO Standard Chartered Bank Indonesia mengatakan: ”Sebagai sebuah Bank yang tumbuh dan berkembang di Asia, Afrika dan Timur Tengah dimana tingkat HIV/AIDS masih merupakan polemik dan pekerjaan rumah yang belum selesai, maka turut menjadi kewajiban kami untuk terus secara konsisten membantu dan  berupaya menyebarluaskan informasi mengenai HIV/AIDS, sekaligus menghilangkan stigma salah yang berkembang. Kami melihat bahwa pendekatan edukasi kepada pelajar merupakan sebuah cara yang efektif. Sehingga kamipun membuat cara yang menarik melalui program Youth for Social Activation, dimana kami mendorong kreatifitas pelajar untuk merencanakan dan menjalankan kegiatan sosial dibidang edukasi HIV/AIDS”

Pada kesempatan yang sama, Tse Koon menambahkan bahwa melalui pilar komunitas yang Bank miliki yaitu Living with HIV yang sudah berjalan 15 tahun ini, Bank secara aktif juga memberikan penyadaran kepada karyawannya tentang isu HIV/AIDS melalui online education, pelatihan maupun seminar. Selain juga karyawan dapat memperoleh kesempatan untuk melakukan kegiatan kerja relawan di masyarakat sebagai juru kampanye pencegahan HIV/AIDS.

Bekerjasama dengan YCAB, sampai dengan saat ini telah tercatat lebih dari 25.000 pelajar yang telah memperoleh edukasiHIV/AIDS. Selain edukasi kepada pelajar, Bank juga melakukan kampanye langsung kepada kelompok ibu rumah tangga dan anak jalanan. (ro)

Teks foto:

Photo A: Direktur Hubungan Korporasi dari Standard Chartered Bank – Arno Kermaputra dan Direktur Development Communication – Elfin Prayogo bersama dengan pemenang red ribbon award dari SMA Ketapang 3 yang menerima kemenangan kategori Best Overall Programme karena kualitas dari proposal kegiatan yang diajukan oleh remaja ini secara keseluruhan sempurna, baik dari rencana program, kreatifitas sampai dengan implementasi di lapangan

Photo B dan C: Penerima red ribbon award dari Standard Chartered Bank untuk kegiatan kampanye HIV/AIDS, kemenangan kategori Best Creative dan Best Responsive  adalah dari SMAN 4 Jakarta dan SMA Ora Et Labora.

Photo D dan E: Para pelajar sekolah dan universitas di Jakarta yang hadir dalam perayaan Hari Aids Dunia yang diadakan bersama Standard Chartered Bank, terlihat antusias memberikan pernyataan dan komitmen peduli HIV/AIDS.