03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Tingkatkan Jumlah Investor, BEI Rangkul Karyawan Emiten

Kepala Edukasi dan Informasi BEI Area II, Nur HarjantieSurabaya, KabarGress.Com – Dalam upaya meningkatkan jumlah investor di pasar modal, Bursa Efek Indonesia (BEI) semakin gencar merangkul dan mengadakan sosialisasi langsung kepada karyawan perusahaan yang sudah mencatatkan sahamnya di lantai bursa (emiten). “Kami sudah mengadakan beberapa kali sosialisasi kepada karyawan emiten asal Jatim seperti Bank Jatim. Dengan sosialisasi tersebut kami optimis bisa menggugah minat karyawan untuk menjadi investor pasar modal, setidaknya dengan membeli saham tempat mereka bekerja agar ada ikatan batin lebih erat,” ungkap Kepala Edukasi dan Informasi BEI Area II, Nur Harjantie, di sela-sela acara silaturrahim dan buka bersama anggota bursa serta awak media di Surabaya, Selasa (8/7/2014).

Menurutnya, BEI sudah melakukan sosialisasi sedikitnya kepada sekitar 3.000 karyawan Bank Jatim. Dari jumlah tersebut, diharapkan separuhnya mau menjadi investor pasar modal. Hingga akhir Semester I/2014, tercatat jumlah investor di Jatim berjumlah 50.776 investor. Jumlah tersebut tumbuh sekitar 10% dibandingkan posisi akhir tahun 2013 yang tercatat sekitar 46.000 investor. “Kami menargetkan selama 2014 ini ada sekitar 10.000 investor baru dari Jatim,” tuturnya.

Selain gencar melakukan sosialisasi kepada calon investor, BEI juga terus mendorong perusahaan sekuritas yang menjadi anggota bursa untuk menurunkan nilai saldo minimal pembukaan rekening. Dengan makin kecilnya investasi yang dibutuhkan untuk membuka rekening efek, maka diharapkan lebih banyak investor baru dari kalangan ritel masuh menajdi investor psar modal.

“Saat ini sudah ada beberapa anggota bursa yang mematok saldo minimal pembukaan rekening hanya Rp 100 ribu. Ini tentunya bisa mendorong investor ritel untuk ikut meramaikan pasar modal kita,” imbuhnya. (ro)