18/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Sukseskan Pilpres 2014 dan Lebaran, PLN Distribusi Jatim Siaga Non Stop

Ida Bagus Gede Mardawa Padangratha 1Surabaya, KabarGress.Com – Dalam rangka ikut menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014, PT PLN (Persero) Distribusi Jatim mengerahkan seluruh jajarannya dengan lebih baik, yakni selama 1×24 jam, 7 hari dalam seminggu, terutama guna kelancaran berlangsungnya pelaksanaan Pilpres dan lebaran mendatang agar listrik dapat menyala terus (normal).

Dikatakan General Manager PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, IBG. Mardawa Padangratha, PLN yang sudah berkoordinasi dengan KPU, juga menyiapkan petugas dan mobil unit yang mobile 2 hari sebelum Pilpres sampai 1 hari setelahnya di tiap TPS yang ada. “Sehingga ketika terjadi disfungsi atau konslet, maka petugas dengan cepat menangani. Namun, kami sangat tidak berharap ada kesalahan yang terjadi,” jawab IBG Mardawa saat dikonfirmasi, Selasa (8/7/14).

Mardawa lebih jauh mengungkapkan kondisi kelistrikan di Jawa Timur dikatakan cukup baik, bahkan surplus, dimana kebutuhan daya masyarakat rumah tangga ataupun industri dapat tercukupi secara maksimal. Kelebihan ini juga di tandai dengan ekspor daya listrik dari PLN Jawa Timur ke Jawa Barat, dan Bali.

Namun, meskipun daya listrik yang ada berlebih, tetap saja perusahaan tidak terhindarkan dari kendala. Mardawa juga mengatakan bahwa, kendala krusial padamnya listrik adalah jaringan listrik sebagai sarana aliran listrik yang harus melewati perkampungan padat penduduk. “Jaringan listrik yang melewati perkampungan padat penduduk dan hutan-hutan sangat sulit di jangkau, ataupun berada di dekat pohon-pohon produktif milik masyarakat,” terangnya.

PLN menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut mendukung PLN dalam mempermudah pengaliran listrik. Sebagai contoh, ketika ada pohon yang mendekati kabel-kabel kawat listrik maka masyarakat berkenan untuk dipangkas agar tidak mengganggu kabel-kabel listrik.

Ditambahkan Mardawa, sekadar diketahui, masyarakat tidak diharuskan bersusah payah memangkas pohon, tetapi hanya dengan menelpon contact center PLN di nomor 123, maka petugas PLN dengan segera mendatangi lokasi untuk pemangkasan. (ro)