11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul : Pemprov Bantu Pembangunan Kembali Sumur Warga

Kediri , KabarGress.com – Pemprov Jatim menyiapkan anggaran pembangunan kembali sumur warga yang ambles. Caranya dengan menutup kembali tanah yang ambles di sekitar sumur, kemudian digali kembali dengan menggunakan Bor dengan kedalaman 25 meter.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat meninjau sumur ambles di Kecamatan Puncu, Desa Manggis, Dusun Nanas, Kab. Kediri Selasa (2/5/2017)

Ia juga mengatakan, akan membantu masyarakat tidak mampu, yang sumurnya ambles. Ini diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses air bersih kembali. Perencanaanya akan disusun bersama camat, kepala desa dan pemerintah kabupaten, termasuk didalamnya ada anggaran biayanya.

Dalam jangka pendek pemerintah akan mencukupi kebutuhan air bersih sebanyak 6 mobil tangki untuk warga. Pasokan ini berasal dari pemerintah maupun swasta.

Secara umum, kondisi amblesnya sumur masih aman untuk warga. Meskipun di daerah yang ambles sekitar sumur, warga tidak boleh mendekat karena dikhawatirkan terjadi ambles susulan. “Kita bisa lihat sumur yang ambles diberi garis polisi agar tidak ada yang melewati dan mendekat. Ambles disebabkan kondisi tanah bergerak karena curah hujan cukup tinggi,” ujarnya.

Kepala Desa Manggis Mujiran mengatakan, bahwa jumlah sumur di desa manggis yang terbagi di 5 dusun, yakni dsn Nanas, Jambean, Dorok, Manggis dan Ringinbagus.

Dari 5 dusun terdapat sebanyak 1.198 sumur. Dari jumlah tersebut terdapat 957 sumur yang berkondisi normal dan 110 sumur keruh. Sedangkan jumlah, total sumur yang ambles/longgsor hingga saat ini sebanyak 131 sumur.  (hms/hery)