30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Jatim Raih Nilai A untuk SAKIP

Pemprov Jatim memperoleh nilai A untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2016.

Surabaya , KabarGress.com – Penyerahan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Menpan RB Asman Abnur kepada Sekdaprov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MM pada acara Pembukaan Pra-Evaluasi Akuntanbilitasi Kinerja Instansi Pemerintah/AKIP Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota di Jatim Tahun 2017. Penyerahan disaksikan Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, di Hotel Harris Gubeng Surabaya, Selasa (2/5/2017)..

Seusai penyerahan penghargaan, Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim menjelaskan, penghargaan ini adalah hasil kerjasama dari seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat yang ikut merumuskan berbagai kebijakan di Jatim.

Menurutnya, pengimplementasian SAKIP harus menyertakan stakeholder dalam setiap pengambilan keputusan di setiap instansi pemerintah daerah. “Jadi kuncinya ada keterlibatan seluruh pihak dalam perumusan kebijakan. Di Jatim dikenal dengan demokrasi partisipatoris,” jelasnya.

Niai A Istimewa

Nilai A yang diperoleh Jatim ini, menurut Menpan RB Asman Abnur sangat istimewa, karena dari 34 provinsi di Indonesia hanya tiga provinsi yang dapat nilai itu. “Saya berharap Pak Gubernur dan jajaran mau memberikan asistensi kepada Pemprov dan pemda di Indonesia Bagian Timur,” pintanya sambil menyebutkan Jatim sebagai role model Indonesia terkait SAKIP.

Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi 2016 juga diserahkan kepada Kab. Sidoarjo, Kota Malang, dan Kabupaten Malang. (hery)