MENGENAL LEBIH DEKAT SOSOK POLITISI PARTAI HANURA DAN CALON WAKIL GUBERNUR JAWA TIMUR

Visi-Misinya mulia, membangun Kebesaran Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dapat diterima dan dicintai rakyat Jawa Timur. Programnya fisibel, pengetahuannya soal  sosial politiknya luas, pandangannya tentang konsep ekonomi kerakyatan cukup matang, wawasan kebangsaan dan nasionalisme mengakar kuat. Semangatnya terus menyala, satu semangat satu tekad BANGKIT JAYA MENANG .

Surabaya, KabarGress.com –  Dia adalah sosok pebisnis sukses, politisi dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Jawa Timur, Haji Mas Kelana Aprilianto, SE. Ayah 4 anak kelahiran 21 April 1971 di Pasuruan ini merupakan sosok pengusaha cukup sukses. Berbagai bidang bisnis, seperti Transportasi, Properti, Perhotelan, Agribisnis, Peternakan, Perkebunan, Eksport – Import , bisnis berbasis ekonomi kerakyatan (koperasi ) sampai saat ini tetap survef, dan terbukti mampu menyumbangkan kontribusinya dalam memback-up roda  perekonomian.

Figur Mas Kelana  mulai  dikenal akrab oleh publik Jawa Timur, karena kiprah dan pengabdiaanya. Bisnis Koperasi Bangun Jaya di Pasuruan , yang didalamnya terdapat ribuan karyawan, dan terbukti mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kabupaten Pasuruan dibawah sentuhan tangan dingin Mas Kelana , terus berkembang semakin kokoh ditengah kondisi ekonomi yang masih mengalami pasang –surut.

Kata Mas Kelana resepnya hanya satu : “ Kerja keras, gigih, jujur dan Profesional,” tutur Mas Kelana mengawali  diskusi kecil dengan KabarGress.com.  Setelah beberapa bisnisnya berhasil mendulang sukses besar, Mas Kelana pun lakukan ekspansi ke beberapa usaha lain. Owner   perusaahaan perhotelan ,agribis  , dan puluhan bus transportasi Pariwisata Pandawa 87, merintisi usaha penggemukan sapi potong dan sapi perah dikawasan Pasuruan. Diperusahaan sapi sapi potong ini membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Sebab, puluhan karyawan yang bekerja untuk penggemukan sapi potong diambil dari warga sekitar peternakan miliknya.

Disamping pemilik perusahaan Peternakan Sapi potong di Pasuruan Transportasi Bus Pariwisata “Pandawa 87”, Mas Kelana juga tercatat sebagai pemilik Perkebunan Kelapa Sawit di Bengkulu, serta perusahaan Export-Import Sayur dan Buah di Bandung, yang sebentar lagi juga akan melebarkan sayapnya di Jawa Timur.

Setelah sukses dan mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi ribuan karyawannya, Mas Kelana mulai memikirkan untuk membangun tanah kelahirannya Pasuruan agar bisa menjadi lebih baik lagi dan maju, tidak kalah dengan daerah tetangganya seperti Malang dan Surabaya. Untuk mewujudkan cita –cita luhurnya itu Mas Kelana menerima pinangan sejumlah tokoh dan partai politik di Pasuruan untuk mengikuti pemilihan Bupati Pasuruan.

Berpasangan dengan Agus Asy’ari, ketua DPC PPP Kabupaten Pasuruan, Kelana mendaftar untuk Pilbup Pasuruan pada tahun 2012.  Garis takdir belum menghendaki Mas Kelana untuk memimpin Kabupaten Pasuruan. Sebab, kendati berhasil merauf dukungan masyarakat Kabupaten Pasuruan secara signifikan, toch pasangan mas Kelana masih kalah dengan calon lain. Kekalahan ini dimaknai sebagai kemenangan yang tertunda. “ Semua  bisa diambil hikmahnya,” kata Mas Kelana Aprilianto.

Tak patah semangat tekadnya untuk mendedikasikan dirinya demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Pasuruan khususnya, masyarakat Jawa Timur pada umumnya, Mas Kelana memantapkan langkahnya  masuk dunia politik. Pilihannya jatuh pada Partai Hanura.  Kenapa Partai Hanura, menurut Mas Kelana secara idiologis Partai Hanura sesuai dengan hati nuraninya.
Sekitar tahun 2007 Mas Kelana secara resmi masuk ke Partai Nasionalis Religius ini. “  Saat saya memutuskan aktif dalam dunia politik, berarti saya harus memberikan yang terbaik dan tidak mengecewakan. Saya sangat kagum dengan tujuan Bapak Wiranto yang mendirikan Partai Hanura untuk mengakomodir keinginan rakyat sesuai hati nurani untuk kesejahteraan masyarakat, menuju perubahan yang lebih baik. Untuk itulah saya bertekad  mendukung dan membesarkan Partai Hanura diwilayah Jawa Timur ,” tegas Mas  Kelana.
Perjuangan mas Kelana pun tak sia-sia, hingga pada Oktober 2015 dalam Musda II pemilihan Ketua DPD Partai Hanura di Surabaya. Sosok pengusaha sukses ini  menjadi calon tunggal setelah ketua DPD yang lama, Soedjatmiko tidak memperoleh minimal dukungan 30 persen dari suara DPC pendukung. Setelah terpilih menjadi ketua DPD Hanura Jatim untuk masa bakti 2015-2020. Disini derap pengabdian pada Partai Hanura mulai fokus dilakukan oleh Mas Kelana .

Tak menunggu lama ketika usai di sah – kan kepengurusannya di DPD ,Mas Kelana langsung melaksanakan tugas Partai. Kali pertama dilakukan ialah  pembenahan dan perubahan internal partai hingga tingkat bawah atau anak ranting. Bahkan dalam sosialisasi Muscab II DPC se-Jatim, Mas Kelana turun langsung ke seluruh daerah guna menyerap aspirasi kader dan melakukan konsolidasi. Karena peraturan Muscab DPC yang baru, sangat ketat untuk memilih figur yang tepat.
Mas Kelana mengaku tidak ingin pemilihan ketua DPC dibayangi dengan isu transaksional. Prosesnya harus transparan. “ Saya ingin orang-orang yang benar-benar bekerja untuk partai, bukannya mencari makan dari partai ,” tandasnya.
Sudah pasti langkah perubahan untuk Partai Hanura Jawa Timur lebih baik punya masa depan yang cerah tak semulus jalan pemikirannya. Mas Kelana harus melalui jalan terjal berliku, menghadapi pro dan kontra. Tetapi secara arif dinamika tersebut dihadapi penuh keteladan. Tetapi lantaran kelembagaan Partai harus ideal dan lebih baik, efesien dan berjalan secara on the track mengambil langkah cukup fundamental dengan lakukan reshuffle.

Sejumlah pengurus DPD, yang dinilai kurang memenuhi syarat pun akhirnya diganti. Atas keputusannya yang dianggap tak popular memperoleh perlawanan dan  sempat di mosi tidak percaya oleh sejumlah pengurus yang kecewa. Namun Mas Kelana tetap konsisten dan melakukan perubahan di struktur pengurus DPD Jatim. Kelana bertekad ingin menjadikan Partai Hanura menjadi penentu arah kebijakan politik di Jawa Timur.“ Partai Hanura akan menjadi besar demi kejayaan bangsa dan negara. Gelorakan semangat bekerja dengan hati nurani demi kejayaan bangsa dan NKRI harga mati ,”tegas dia lagi.
Kegigihan Kelana untuk membesarkan Partai Hanura dan ingin menunjukkan Partai Hanura tidak bisa dianggap enteng oleh partai lain, ditunjukkannya dalam acara pengukuhan dan pelantikan seluruh pengurus DPC Hanura se-Jatim pada 28 November lalu di Surabaya.
Tak kurang dari 5000 kader Hanura datang dari seluruh daerah di Jatim memenuhi   Hall Jatim Expo, jalan Achmad Yani kala itu .

Mas Kelana Aprilianto berhasil membangun sejarah bagi perjalanan Partai Hanura di Jawa Timur. Ketua umum Partai Hanura, Dr.Wiranto yang hadir pun mengapresiasi serta mendukung langkah Mas Kelana yang ingin menjadikan kader Partai Hanura  selalu  kompak solid dan bersatu. Bahkan dalam acara itu, Wiranto mengancam akan mengeluarkan kadernya yang selalu membikin keributan atau kegaduhan politik yang bisa mengancam persatuan partai.
Menurut hemat Haji Mas Kelana dunia bisnis dan politik hampir sama. Semuanya didasari oleh kepercayaan dan kerja keras.

“ Semua bisnis saya dipegang oleh orang-orang yang saya beri kepercayaan dan tanggungjawab. Nyatanya mereka bisa menggenggam kepercayaan yang saya berikan serta mampu melaksanakan kepercayaan itu secara bertanggungjawab , “ imbuh Mas Kelana.  Demikian pula dalam politik ini, saya diberi mandat dan kepercayaan untuk memimpin Hanura Jatim. Maka saya harus membuktikan kepercayaan itu dan mengajak kader-kader untuk bekerja keras demi kebesaran partai dan kejayaan Partai Hanura,”tegas dia.
Bersama Partai Hanura, Mas kelana mengajak seluruh kader bekerja secara totalitas agar supaya Partai Hanura Jawa Timur lebih baik, serta mengakar punya akar yang kuat di hati masyarakat Jawa Timur. “ Saya ingin membangun partai Hanura  jauh lebih besar lagi dibarengi  menjalankan roda partai secara profesional dan tidak transaksional. Dengan harapan, kedepan melalui Partai Hanura akan muncul seorang pemimpin besar yang tidak korupsi dan dekat dengan rakyat sebagai solusi untuk menjawab keinginan masyarakat khususnya di Jawa Timur. Hanura maju Indonesia jaya, “ harapnya.

Untuk membangun Partai Hanura yang kuat, besar dan dicintai rakyat , Mas Kelana yang direkomendasi maju sebagai  Bakal Calon Wakil Gubernur ( Bacawagub) pada pilgub Jawa Timur 2018 oleh Rapimda I di hotel Club Bunga Batu ini dikenal sosok pemimpin pekerja keras tak betah lama –lama dibelakang. Langkah treginas yang telah dilakukan Haji Mas Kelana , roadshow  ke daerah.

Mas Kelana secara ajeg , rutin bertandang dan silahturahim ke para Alim ulama, serta tokoh pemuda , tokoh masyarakat di seluruh Jawa Timur. Kehadiran Mas Kelana ditengah para alim dan tokoh masyarakat tersebut, pertama sebagai upaya merekatkan temali silahturahmi, memperkenalkan figur pimpinan, serta visi –misi perjuangan Partai Hanura di Jawa Timur.

Tak sebatas itu, berkat berkat dedikasi dan perjuangannya untuk Partai Hanura Bangkit Jaya dan Menang, Cawagub Partai Hanura ini juga terbukti telah berhasil membangun Partai Hanura Jawa Timur diterima masyarakat. Hal itu dibuktikan, program penguatan kelembagaan Partai Hanura hingga level  pengurus  PAC dan Ranting telah berhasil diwujudkan, dimana saat ini semua pengurus PAC dan Ranting masih terus bekerja membentuk struktur kepengurusan Anak ranting di daerah mereka masing –masing.  (hery)

 

 

 

Leave a Reply


*