31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Deputi Gubernur Senior BI Launching Buku GenBI “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka”

* Juga menyalurkan beasiswa bantuan pendidikan kepada 82 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk 3.026  mahasiswa

Deputi Gubernur Senior BI Launching Buku GenBI “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka”Surabaya, KabarGRESS.com – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, me-launching buku GenBI Jawa Timur Menulis “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka”, bertempat di The Alana Hotel Surabaya, Sabtu (28/5/2016).

Buku “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka” merupakan buku pertama karya Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang diterbitkan Bank Indonesia atas inisiasi dari KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Komunitas GenBI atau Generasi Baru Indonesia merupakan komunitas atau forum Komunikasi bagi penerima beasiwa Bank Indonesia yang bertujuan untuk berinteraksi, berbagi inspirasi dan motivasi. Buku yang berisi 30 (tiga puluh) artikel mengenai pandangan mahasiswa tentang kebijakan, tugas, fungsi dan peranan Bank Indonesia ditulis langsung oleh komunitas GenBI tahun 2015.

Melalui buku ini, GenBI se Jawa Timur memberikan sumbangsihnya untuk mengemas secara apik dalam bahasa yang mudah dipahami mengenai peran dan fungsi Bank Indonesia selaku Bank Sentral. GenBI Jawa Timur mengulas secara lugas peranan Bank Indonesia dalam perekonomian melalui kacamata mahasiswa.

Harapannya, tulisan ini mampu memberikan opini dari sisi berbeda mengenai Bank Sentral Republik Indonesia sekaligus dapat dipahami oleh masyarakat secara luas. Oleh karena itu, Bank Indonesia menyambut baik sekaligus mendukung penerbitan buku sebagai hasil karya nyata dari anak negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Benny Siswanto, sekaligus mengukuhkan penerima Beasiswa Bank Indonesia se Jawa Timur tahun 2016. Total penerima beasiswa di Jawa Timur mencapai sebanyak 380 mahasiswa/i yang berasal dari 11 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur dengan total beassiwa yang diberikan mencapai Rp2,4 Milyar.

Sebelas PTN tersebut adalah Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Program beasiswa tersebut merupakan salah satu bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Bank Indonesia meyakini bahwa kualitas generasi muda akan menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan suatu bangsa. Generasi muda yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa di masa depan terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif.

Hal inilah yang menjadi alasan Bank Indonesia melalui program-program sosialnya untuk ikut peduli terhadap upaya-upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya melalui penyaluran bantuan dana beasiswa kepada mahasiswa/i yang berprestasi.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember, Kediri dan Malang, Rektor Universitas Airlangga, Rektor UIN Sunan Ampel, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November, serta perwakilan dari Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Negeri Surabaya.

“Para penerima beasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang harus mampu membangun daerahnya sehingga dapat mendorong perekonomian nasional. Kami juga mengharapkan agar GenBI tahun 2016 mampu menjadi komunikator bagi Bank Indonesia kepada masyarakat dan jika memiliki kemampuan menulis agar dapat menyalurkan bakatnya dan menulis tentang peranan Bank Indonesia sebagai bank sentral sebagaimana GenBI sebelumnya,” ungkap Mirza Adityaswara.

Pada kesempatan sama, Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Benny Siswanto pun turut mengharapkan agar penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2016 dapat aktif dalam komunitas GenBI Jawa Timur sehingga dapat meneruskan semangat dan dedikasi sebagai Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan menjadi suara-suara positif Bank Indonesia di masyarakat dalam bentuk yang semakin kreatif dan inovatif.

Sebagai informasi, Secara nasional, Bank Indonesia pada tahun 2016 menyalurkan beasiswa bantuan pendidikan kepada 82 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk 3.026  mahasiswa, dengan total beasiswa mencapai sebesar  Rp21 milyar. “Beasiswa Bank Indonesia disalurkan dalam 2 skema yaitu beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Di Jawa Timur terdapat 2 (dua) PTN yang memperoleh beasiswa unggulan, sedangkan 9 (sembilan) lainnya memperoleh beasiswa reguler. Besaran beasiswa untuk reguler adalah sebesar Rp500.000/bulan/orang, sedangkan beasiswa unggulan adalah sebesar Rp1.200.000/bulan/orang,” terang Benny. (ro)

Teks foto: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara (memegang buku), me-launching buku GenBI Jawa Timur Menulis “Bank Indonesia, Apa Kata Mereka”, bertempat di The Alana Hotel Surabaya, Sabtu (28/5/2016).