29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Bazar UMKM Binaan PPK Sampoerna

Bazar UMKM Binaan PPK SampoernaSurabaya, KabarGress.com – Berdiri sejak tahun 2003, House of Sampoerna (HoS), yang merupakan salah satu bentuk kepedulian PT HM Sampoerna Tbk. (‘Sampoerna’) pada pelestarian budaya, tidak pernah berhenti untuk berkarya, berinovasi, serta turut mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan bidang industri kreatif sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat.

Sejak 2009, HoS mendedikasikan toko cinderamata di lantai 2 museum, yang juga dikenal sebagai ‘a shop’, sebagai salah satu pusat penjualan dan promosi produk dan kerajinan para pengusaha muda dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur, seperti batik dan tenun Jawa Timur, buku karya penulis Jawa Timur, kaos khas Surabaya, serta kerajinan tangan khas Jawa Timur lainnya.

Manager Museum & Marketing HoS, Rani Anggraini, mengungkapkan lewat siaran pers, kesuksesan a shop dalam memasarkan produk-produk UMKM Jawa Timur ke sekitar 15,000 pengunjung nusantara dan mancanegara, mendorong a shop untuk menyelenggarakan program-program khusus seperti ‘Table Top’, yang setiap bulan mengangkat berbagai produk yang bersifat tematik, dan Bazar yang diselenggarakan pada hari-hari tertentu.

“Pada bazar pertama di tahun 2016 ini, yakni bertempat di Selasar Museum Cafe, mulai Sabtu (6/2) hingga Senin (8/2), HoS bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna yang sejak tahun 2007 telah membantu pengembangan industri kreatif sebanyak 3.300 binaan di kota Pasuruan, Surabaya, dan sekitarnya. Pada Pebruari ini HoS mengusung produk kerajinan berupa sepatu bordir, bantal, asesoris, batik, serta produk makanan dan minuman seperti jamur, kripik, kopi, dan minuman herbal dari UMKM Pasuruan. Melalui bazar ini pelaku UMKM tidak hanya memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka, namun juga sebagai sebuah peluang untuk bertemu dan berdiskusi secara langsung dengan pembeli untuk mendapatkan masukan dan umpan balik akan kualitas produk yang ditawarkan, sebagai upaya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik,” terangnya.

Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna merupakan pusat pembelajaran dan perlatihan terpadu untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha kecil di bidang agribisnis dan teknologi kejuaraan tepat guna, yang diresmikan pada tahun 2007, berlokasi di desa Gunting, kecamatan Sukorejo, kabupaten Pasuruan – Jawa Timur. Produk yang dipamerkan: aneka kripik, kopi, olahan jamur, aneka minuman herbal instan, aneka aksesoris, kain batik, sepatu bordir dan aneka bantal dakron. (ro)