Gelaran Pameran Karya Mahasiswa DKV UK Petra

Gelaran Pameran Karya Mahasiswa DKV UK PetraSurabaya, KabarGress.com – Tak hanya belajar secara teori saja, mahasiswa sering mendapatkan tugas dari dosen sebagai ajang untuk mengasah kreatifitas mahasiswa. Begitu juga dengan mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) mendapatkan tugas kemudian yang dipamerkan pada masyarakat umum untuk menjadi ajang pembuktian kemampuan dan kreatifitas mahasiswa di tengah masyarakat.

Berikut kami sajikan dua pameran karya mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra yaitu Paper Diorama Exhibition dan Pameran Branding Museum Surabaya.

· Kisah Alkitab Paper Diorama Exhibition

Peran kertas sebagai medium utama pengekspresian artistik perlahan mulai pudar dan digantikan oleh media digital. Namun sesungguhnya, kertas memiliki karakteristik yang unik dan khas. Kertas merupakan media yang sangat fleksibel. Selain sebagai media untuk menuangkan atau menampung ide, kertas juga dapat menjadi media yang ekspresif sebuah karya seni yang kreatif. Ia dapat menjadi benda berkarakter tajam, tetapi juga dapat menjadi bentuk lengkung bahkan rumit.

Sejumlah 54 karya pigura 3D berukuran 40 x 60 cm (A2) bertemakan kisah Alkitab dipamerkan pada tanggal 30 November hingga 4 Desember 2015 mulai pukul 10.00 WIB di selasar gedung P lantai 2 kampus UK Petra. Pameran ini merupakan karya para mahasiswa Program Studi DKV angkatan 2015.

“Tugas dari 180 mahasiswa ini dibuat dalam kelompok yang merupakan implementasi mata kuliah Nirmana dan Typograpi. Karya pameran ini akan mengeksplorasi sebagian dari peran kertas, digabungkan dengan prinsip-prinsip desain yang telah dipelajari selama ini, untuk menghasilkan sebuah karya yang estetis. Total ada 11 cerita Alkitab dalam tugas ini”, urai Elisabeth Christine Yuwono, S.Sn., M.Hum selaku dosen pengampu mata kuliah Nirmana dan Tipografi 1.

Konsepnya adalah para mahasiswa membuat terlebih dahulu paper diorama yang berupa visualisasi dari kisah-kisah yang terdapat dalam Alkitab untuk kemudian dari kisah tersebut diambil pesan yang dirumuskan ke dalam satu kata. Kata tersebut yang nantinya akan dibuat sebagai bagian dalam diorama. Dalam pembuatannya, visualisasi tersebut digabungkan dengan budaya lokal suatu daerah yang diambil dari provinsi-provinsi di Indonesia. Lain dari pameran-pameran sebelumnya, kali ini karya-karya yang terpajang dapat dibeli sebagai pajangan di kantor/rumah atau sebagai souvenir untuk kemudian hasilnya sebagian akan disumbangkan untuk mendukung pelayanan yang dikelola melalui Pusat Kerohanian UK Petra.

· Pameran Branding Museum Surabaya

Tak kenal maka tak sayang. Banyak anak muda yang masih enggan menghabiskan waktu luangnya berkunjung ke museum. Mengapa demikian? Biasanya hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya media promosi yang menarik mengenai museum itu sendiri. Sejumlah mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra semester 5 yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparta) Surabaya menggelar pameran Branding Museum Surabaya selama dua hari berturut – turut mulai hari Jumat-Sabtu, 4-5 Desember 2015 di lantai 1 Gedung Siola Surabaya.

“Sejumlah kurang lebih 30 paket karya mahasiswa berupa media promosi akan dipamerkan. Ini merupakan hasil dari mata kuliah DKV 3 yang digarap oleh mahasiswa angkatan tahun 2013 selama satu semester”, ungkap Aristarchus Pranayama, B.A., M.A selaku Kepala Program studi DKV UK Petra.

Karya yang dilakukan secara berkelompok ini menghasilkan beragam media promosi diantaranya video art, kaos, pin, brosur, ticketing, video mapping, booth, akun instagram hingga facebook fanpage. “Sebelum merancang media promosi ini, para mahasiswa diminta untuk mengadakan riset terlebih dahulu apa permasalahan yang ada di Museum Surabaya yang kemudian memberikan solusinya. Jadi tidak asal – asalan membuatnya, mereka mencari brand imagenya terlebih dahulu. Riset dilakukan melalui banyak hal diantaranya pengamatan, menyebarkan kuesioner ke masyarakat, observasi hingga wawancara dengan kepala Museum Surabaya”, rinci Ani Wijayanti, S.Sn., M.Med.Kom selaku Kepala Studio DKV UK Petra.

Penasaran bagaimana media promosi torehan para mahasiswa DKV ini? Mampir saja ke Museum Surabaya pada saat pembukaan pameran Branding Museum Surabaya pada 4 Desember 2015 mulai pukul 13.00 WIB di Exhibition Hall Museum Surabaya (eks Gedung Siola, Surabaya). (ro)

Leave a Reply


*