03/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Peran Nyata HCML dan SKK Migas Cerdaskan Anak Bangsa

Sampang, KabarGress.Com – Pendidikan merupakan salah satu fondasi dalam memajukan bangsa. Menyadari akan hal itu, Husky – CNOOC MADURA Limited (HCML) salah satu KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) dari SKK Migas yang menjalankan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi di Blok Madura Strait, mengadakan program beasiswa untuk masyarakat di sekitar wilayah kerja HCML. Program Beasiswa ini mendapat dukungan penuh dari SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Huku Minyak dan Gas Bumi).

Tahun ini, sebanyak 32 siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari Sampang dan Pasuruan mengikuti seleksi masuk Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) pada Kamis (4/6/2015) yang dibiayai oleh HCML. 32 pelajar tersebut akan memperebutkan 10 beasiswa HCML di STEM Cepu.

Para pelajar tersebut berasal dari Sampang sebanyak 26 siswa dan dari Pasuruan sebanyak 6 siswa. Khusus yang dari Sampang, tidak ada pelajar asal Pulau Mandangin yang berhasil lolos seleksi awal yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang.

Hal ini juga dibenarkan oleh Agus Utomo, Kasubag dan Proda Bagian Perekonomian Pemkab Sampang, bahwa tidak ada siswa dari Mandangin yang lolos seleksi awal. “Syaratnya harus lulusan teknik, sedangkan 3 siswa asal Mandangin yang terdaftar mereka lulusan akutansi, artinya bukan tidak melibatkan siswa asal Mandangin akan tetapi karena terbentur persyaratan,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Legal & Relations Manager HCML, Wahyudin Sunarya, pada Kamis (4/6/2015) petang menjelaskan, “Pelajar yang lulus test akan mulai menjalani pendidikan pada bulan Agustus dan pendidikan akan berlangsung sekitar satu tahun. Setelah lulus pendidikan 4 terbaik dari 10 pelajarpenerima beasiswa direncanakan akan direkrut menjadi pegawai HCML sesuai dengan kebutuhan operasiperusahaan.”

Wahyudin menambahkan bahwa program ini direncanakan akan diadakan kembali tahun depan di daerah eksplorasi HCML yang lain yaitu daerah Sumenep. (ro)