Berkat Program Nyata, Dinas Peternakan Jatim Lahirkan Kelompok Peternak Berprestasi

“Peternak Itik Sinar Harapan Blitar, Sabet Juara I“

kelompok peternak sinar harapan blitarSurabaya, KabarGress.com – Kelompok Peternak Sinar Harapan Desa Kedawuhan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, meneguhkan sebagai kelompok peternak itik terbaik di Jatim. Buktinya, berkat kerja keras kaya inovasi, Kelompok Peternak yang mengusung motto: “MAKMUR DESAKU, MANDIRI PANGAN, LESTARI LINGKUNGAN” mampu membukukan mengukir sukses, meraih juara I dalam lomba Peningkatan Prestasi Kelompok Tani Ternak Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014 kategori: komoditi itik.

Kelompok Peternak Sinar Harapan inipun Tahun 2014 kemarin, memperoleh penghargaan dari Gubernur Jatim Dr. H. Sukarwo. Lantaran, telah mampu membuktikan sebagai Kelompok Peternak itik terbaik di Jatim, Kelompok Peternak Sinar Harapan dari Desa Kedawuhan, Nglegok, Blitar ini dengan dukungan Dinas Peternakan Jatim, memantapkan langkah mengikuti Lomba Kelompok Peternak Berprestasi Tingkat Nasional yang bakal dihelat oleh Direktur Jenderal Peternakan dan  Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

Diakui menjadi juara I bukan hal mudah. Prestasi sebagai kelompok peternak terbaik mampu diraih Kelompok Peternak Sinar Harapan, syarat dengan perjuangan semua anggota. Dengan mindset serta semangat ingin maju, dan pembinaan dari Dinas Peternakan Jatim, dan Kabupaten Blitar, Kelompok Peternak itik Sinar Harapan bisa seperti sekarang ini.

kelompok peternak Sinar Harapan Kabupaten BlitarMeski saat ini Kelompok Peternak itik Sinar Harapan yang dibentuk pada 18 November 2008, merupakan kelompok peternak terbaik, namun di dalam perjalanannya juga menghadapi pasang surut. Banyak permasalahan yang menghadangnya. Antara lain, secara kelembagaan atau organisasi Sinar Harapan menghadapi anggota yang beranggapan bergabung dengan kelompok peternak tidak memberikan manfaat secara keekonomian. Karena didasari ketidak pahaman itu, ada anggota yang
enggan mengikuti kegiatan-kegiatan kelompok, atau vakum.

Namun, setelah dilakukan pendekatan secara persuasif, serta dibarengi pembinaan akan pentingnya mengembangkan kelompok peternak dalam rangka meningkatkan hasil produksi ternak ‘itik, dan telor’ kondisi tersebut berubah. Para anggota yang sempat vakum dari kelompok dimaksud pada akhirnya mulai aktif kembali. Semua kegiatan kelompok, berupa  pertemuan rutin, diikuti oleh para anggotanya. Dari pertemuan rutin, banyak hal bisa disharingkan. Termasuk, pembinaan dari Dinas Peternakan Provinsi dan kabupaten, disampaikan sebagai pengkayaan para anggota kelompok tentang sistem ternak itik yang benar.

 

Sistem Battrey

battrey itikBerdasar data yang terekam, awal mula track/perjalanan sistem penggembalaan itik dilakukan oleh peternak itik dengan cara angon di sawah, utamanya pada musim panen. Dengan sistem angon itik di sawah kapasitas itik yang diangon pun sangat terbatas, antara 50-100 ekor. Sistem angon ini dinilai tidak efektif, lantaran dihadapkan semakin menyempitnya lahan persawahan atau pertanian yang ada. Agar tidak terjadi kemunduran dalam usaha ternak itik yang digelutinya, Dinas Peternakan mendorong kelompok peternak Sinar Harapan, berinovasi, membuat demplot, atau areal model, bertenak dengan mengembangkan sistem battrey.

Setelah dicoba, ternyata sistem battrey yang dikembangkan Kelompok Peternak Sinar Harapan ini membukukan sukses.  Hasilnya, produksi itik maupun telornya meningkat bisa tiga kali lipat. Cara menggiring itik ke sawah pun telah ditinggalkan. Kegiatan usaha kelompok tidak mengesampingkan potensi wilayah yang ada, segala sumberdaya pendukung yang ada di sekitar semaksimal mungkin dimanfaatkan. Bahan baku pakan mayoritas mengambil dari produk pertanian, sehingga perputaran perekonomian terutama di pedesaan yang mayoritas penduduknya sebagai petani dapat dirasakan mulai lakunya secara rutin bahan baku pakan ternak itik dari hasil pertanian jagung dan katul.

Kelompok Sinar Harapan mempunyai cita-cita yang luhur yakni tidak hanya ingin berkembang mengembangkan usaha budidaya itik sendiri. Ditandai dengan adanya kelompok wanita tani desa Kedawung sebagai kelompok binaan adalah suatu wujud bentuk kepedulian kelompok Sinar Harapan kepada kelompok binaan. Kelompok wanita tani yang sangat berpotensi sesuai dengan program pemerintah untuk mewujutkan program KRPL (kawasan rumah pangan lestari) yang mana dengan menanam tanaman sayur mayur, buah, toga, di lingkungan rumah bisa memanfaatkan limbah kotoran itik untuk menanam tanaman sayur mayur tersebut. Sehingga dapat memberdayakan perempuan di wilayah desa Kedawung dan sekitarnya.

kelompok peternak Sinar Harapan - panen telurpanen telur itikOlahan kotoran itik menjadi bokashi yang berkualitas merupakan salah satu usaha yang sangat bermanfaat dan sumber pendapatan baru bagi anggota yang terus akan dikembangkan.

Harapan ke depan kelompok ternak itik Sinar Harapan ingin berkarya dan mengembangkan usaha di bidang ternak itik dari hulu sampai hilir. Menjadikan Desa Kedawung dikenal masyarakat luas karena keberadaan ternak itik dengan berbagai macam tehnik pemeliharaan dari yang masih digembala di sawah, dikandangkan sampai pemeliharaan itik di kandang di batrey dan sebagai produsen DOD, itik baya, telur itik konsumsi, dan bokashi.

Keberhasilan kelompok Sinar Harapan tidak semata-mata dari usaha kelompok sendiri, namun campur tangan pemerintah melalui dinas terkait yang selalu memberikan pembinaan serta pihak-pihak yang bekerjasama dengan kelompok Sinar Harapan amat sangat membantu keberhasilan kelompok Sinar Harapan.

 

Bantu Mini Feedmil

Dalam kerangka meningkatkan kemampuan Kelompok Peternak itik di Jatim, Dinas Peternakan Jatim, bersama dinas kabupaten, secara berkelanjutan melakukan bimbingan teknis tentang kaidah bertenak itik kepada kelompok peternak. Bimbingan teknis tersebut meliputi, tentang tatacara membuat kandang refresentatif, bersih, serta memenuhi syarat untuk terwujudnya pengembangan ternak. Selain itu, meningkatkan SDM peternak, baik dalam pola menciptakan kandang yang bersih, tetapi juga tentang sistem menjaga kesehatan ternak, serta memberikan pakan ternak yang memenuhi syarat, bagi ternak itu sendiri.

telur itikSebab, dengan kandang yang baik, pemeliharaannya benar, dilakukan secara ajeg, kuntinyu, kesehatan ternak dijaga betul, pemberian pakannya bagus, maka upaya pengembangan itik, dan peningkatan produksi telor dilakukan kelompok peternak Sinar Harapan di kabupaten Blitar, berhasil diwujudkan.

Dinas Peternakan Jatim, selaku SKPD Provinsi Jatim, disamping secara berkelanjutan memberikan bimbingan, dan pembinaan, untuk meningkatkan kemajuan kesejahteraan ekonomi kelompok peternak itik juga memberikan bantuan pakan, obat-obatan serta mini feedmil kepada Kelompok Peternak Sinar Harapan. Karena, bimbingan teknis serta pendampingan Dinas Peternakan Jatim bersama dinas teknis daerah kabupaten tersebut Kelompok Peternak Sinar Harapan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya, serta menjadi kelompok peternak terbaik pada tahun 2014 kemarin, dan dipercaya Jatim untuk mengikuti Lomba Ternak Berprestasi tingkat Nasional.

Kepala Dinas Peternakan Jatim, Ir. H. Maskur, MM, dalam kesempatan dikonfirmasi media ini menegaskan bahwa prestasi yang diraih Kelompok Peternak Sinar Harapan itu, hendaknya menjadi motivasi bagi Kelompok Peternak di Jatim untuk bersama-sama meraih sukses. Dinas Peternakan, ungkap Maskur, akan terus bekerja untuk melahirkan kelompok-kelompok peternak di Jatim mampu mengembangkan kelompoknya menjadi yang terbaik. Sebab, dengan terus bertambahnya kelompok peternak itik berprestasi, akan mampu meningkatkan populasi itik,telor, yang menjadi kebutuhan masyarakat. (Adv)

Leave a Reply


*