02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Tune Labs Hadir untuk Membimbing Calon Wirausahawan dan Wirausahawan Berpengalaman

Tune Labs Hadir untuk Membimbing Calon Wirausahawan dan Wirausahawan BerpengalamanKuala Lumpur, KabarGress.Com – Pengusaha Tan Sri Tony Fernandes, Datuk Kamarudin Meranun dan Lim Kian Onn (secara koletif sebagai “Pendiri”) berkongsi meluncurkan Tune Labs, sebuah program inkubator dan akselerator berbasis di Kuala Lumpur yang bertujuan untuk mengidentifikasi, membimbing, dan mendanai wirausahawan di Asean.  

Secara formal, Tune Labs akan membentuk kemitraan antar pendiri, yang telah menghadirkan jenis usaha inovatif di pasar seperti AirAsia, Tune Hotels, Tune Insurance, dan Tune Money. Lebih lanjut, para Pendiri – melalui Tune Labs – akan mendukung calon wirausahawan untuk mencapai visi mereka menciptakan bisnis yang memimpin pasar dan inovatif dengan fokus di bidang perjalanan, pembayaran, dan ritel vertikal.

Tune Labs menawarkan dua pilihan jalur bagi pemohon untuk mengembangkan dan mengolah ide mereka:

  • Program inkubator, dilaksanakan tiga kali dalam setahun dalam bentuk kamp selama 12 minggu bagi pemohon dengan ide tahap awal yang belum tervalidasi. Pemohon yang sukses akan ditawarkan kesempatan bekerja dekat dengan para Pendiri dan rekan mereka untuk mengembangkan dan memvalidasi ide hingga membangun proposisi komersial yang layak dengan menunjukkan serta mendemonstrasikan produk di akhir program.
  • Accelerator program, mewujudkan ide yang telah tervalidasi dan rencana bisnis – dimana mungkin termasuk ide dari para lulusan program incubator – dan mempercapat jalur masuk ke pasar bisnis melalui akses permodalan, kemitraan, dan rekomendasi para Pendiri.

Setiap peserta akan memiliki akses ke kemitraan yang telah dikembangkan oleh para pendiri selama bertahun-tahun, infrastruktur dan sistem pendukung yang mapan dari Grup Tune, dan kemampuan untuk mendayagunakan aset software dan teknis yang tersedia untuk kedua program.

Tim investasi di Tune Labs dikepalai oleh Arun Verma dan Gareth Lim, anggota berpengalaman dari Grup Tune dan AirAsia dimana keduanya memiliki rekam jejak baik dalam pengembangan dan peluncuran usaha baru yang inovatif.

Tan Sri Tony Fernandes mengatakan, “Hal ini telah menjadi tujuan pribadi saya, untuk mempromosikan dan mengembangkan sektor usaha baru di Asean. Banyak sekali talenta di kawasan ini yang, sampai hari ini, masih kekurangan akses dan kesempatan dimana ini telah tersedia bagi wirausahawan di Barat. Melalui Tune Labs, saya dan rekan akan memberikan panduan dan mentoring yang sulit kami dapatkan ketika mendirikan AirAsia, dan membangun lingkungan terstruktur untuk mendukung, memvalidasi, dan pada akhirnya mengimplementasi ide baru yang menarik dimana akan merevolusi dan mengubah cara kita menjalani hidup.”

Datuk Kamarudin Meranun menambahkan, “Kendala utama bagi kebanyakan usaha baru adalah kesulitan atau ketidakmampuan untuk meningkatkan modal guna menembus pasar dan bertumbuh. Oleh karena itu, saya bersama rekan-rekan saya berkomitmen untuk menanam benih, memelihara dan mengembangkan peluang awal yang akan ditempatkan dalam usaha ini. Jaringan investor dan kemitraan kami yang sudah terjalin selama bertahun-tahun, didukung oleh rekam jejak dari bisnis kami, akan juga memudahkan para pesertaTune Labs memiliki akses ke penanam modal untuk mengkatalisasi pertumbuhan.”

Lim Kian Onn juga mengomentari lebih lanjut, “Tune Labs memungkinkan para calon wirausahawan untuk berkonsentrasi sepenuhnya dalam menumbuhkembangkan ide-ide mereka. Kemampuan untuk mendayagunakan aset-aset dari Grup yang sangat luas, didukung dengan ruang kerja, keuangan dan hukum, akan secara signifikan mengurangi biaya dan meningkatkan fokus dalam hal manajemen. Selain itu, panel penasehat Tune Labs terdiri dari para ahli yang berasal dari beragam latar belakang untuk memberikan bimbingan di berbagai bidang. Ini merupakan tujuan paling dasar dari Tune Labs, yaitu membantu para wirausahawan memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk membawa produk inovatif baru ke dalam pasar.”

Untuk informasi lebih lanjut terkait Tune Labs dan bagaimana cara mendaftar dalam program inkubator dan akselerator, kunjungi www.thetunelabs.com. Pendaftaran terbuka bagi para wirausahawan yang berambisi dan berkomitmen – baik yang masih pada tahap awal maupun yang telah memerlukan pertumbuhan modal. Bimbingan program pertama diharapkan akan mulai pada pertengahan tahun ini. (ro)

Teks foto: Tan Sri Tony Fernandes, Chairman Tune Labs (tengah) mengumumkan peluncuran Tune Labs, bersama dengan Arun Verma (kiri) dan Gareth Lim (kanan).