13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Sinarmas MSIG Life Cetak Laba Rp384,6 Miliar

* Optimis Gandakan Pencapaian Target Pertumbuhan Bisnis Baru di 2015

* Pertumbuhan Positif Perkuat Kiprah 30 Tahun Sinarmas MSIG Life di Indonesia

Photo 3 - Sinarmas MSIG Life 2014 Business Performance & 2015 Investment...Jakarta, KabarGress.Com – PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka Indonesia joint venture antara PT Asuransi Jiwa Sinarmas dan Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd, asal Jepang, baru-baru ini mengumumkan keberhasilan kinerja bisnisnya di tahun 2014 dengan mencetak Laba Bersih sebesar Rp384,6 miliar dengan total Pendapatan Premi Bersih mencapai Rp7,4 triliun. Keberhasilan tersebut mendorong optimisme perusahaan untuk menggandakan target new business growth pada tahun 2015 ini.

“Raihan new business growth menegaskan peningkatan kepercayaan masyarakat Indonesia kepada Sinarmas MSIG Life akan solusi produk dan layanan finansial yang kami berikan, sekaligus memperlihatkan kenaikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berasuransi dan perlindungan keuangan di masa depan,” papar Johnson Chai, Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life. Jumlah nasabah Sinarmas MSIG Life juga mengalami lonjakan hingga 67% dari sekitar 600.000 pada 2013 menjadi hampir 1 juta nasabah individu maupun kelompok, di akhir 2014. Sementara, rasio pencapaian solvabilitas dengan metode Risk Based Capital (RBC) perusahaan mencapai 747,95% untuk konvensional dan 64,26% untuk syariah.

Dari komposisi produk, Sinarmas MSIG Life membukukan pertumbuhan premi reguler sebesar 158% dengan premi reguler unit link meningkat sebesar 173% dari tahun sebelumnya. “Ini memperlihatkan semakin berkembangnya minat nasabah terhadap produk asuransi yang menawarkan perlindungan jangka panjang terkait investasi yang tidak saja memberikan proteksi, namun juga berpotensi memberikan manfaat lebih secara jangka panjang,” lanjut Johnson Chai. Lini syariah yang sedang berkembang juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan hingga 117%.

Pencapaian positif Sinarmas MSIG Life tahun lalu tentunya terkait erat dengan strategi pemasaran yang diperkuat jalur distribusi paling komplet, yakni 1) Agency, 2) Bancassurance, 3) Direct Marketing-Telemarketing (DMTM) dan 4) Employee Benefit.  Kontribusi keempat jalur distribusi tersebut terhadap new business annual premium equivalent (APE) secara berurutan adalah sebesar 38%, 20%, 9% dan 33%.

Meneruskan keberhasilan tahun lalu, Sinarmas MSIG Life optimis menutup tahun 2015 dengan raihan yang semakin positif. Perusahaan mengestimasi total new business growth mencapai dua kali lipatnya di akhir tahun 2015 ini. Sementara itu, kontribusi unit bisnis Syariah terhadap total new business ditargetkan sebesar 25%, naik dari pencapaian 23% di tahun 2014. Produk reguler unit link yang diprediksi masih akan digemari tahun ini ditargetkan tumbuh dua kali lipatnya.

2015 juga menandai 30 tahun Sinarmas MSIG Life berkiprah di industri asuransi jiwa tanah air. Sejak berdiri pada 1985, perusahaan semakin melejit dan mengukuhkan kepemimpinannya sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terpercaya di Indonesia dengan melakukan joint venture bersama Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. asal Jepang di 2011 lalu. Kolaborasi ini menempatkan Sinarmas MSIG Life menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa beraset terbesar di Indonesia, mencapai Rp20,44 triliun pada akhir 2014.

Strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan di tahun 2015 telah kami rancang. Peningkatan hubungan Bancassurance dengan mitra usaha maupun calon mitra usaha potensial akan dilakukan, demikian pula dengan upaya penambahan jumlah agen aktif serta kegiatan pemasaran digital yang akan kami galakkan tahun ini. Rencananya, di tahun 2015 ini Sinarmas MSIG Life akan mulai menempati kantor pusat baru di gedung anyar Sinarmas MSIG Tower di kawasan Sudirman, Jakarta, yang merupakan salah satu bangunan tertinggi di Jakarta.

“Hari jadi Sinarmas MSIG Life ke-30 tahun ini semakin memperkuat komitmen kami untuk terus memberikan perlindungan serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia dengan sederet produk dan layanan yang inovatif. Rangkaian perayaan juga akan kami sertai dengan penegasan kepedulian Sinarmas MSIG Life kepada sesama, yaitu meneruskan kegiatan CSR yang telah dimulai tahun lalu.” ujar Johnson Chai.

Tak hanya itu, Sinarmas MSIG Life akan kembali berpartisipasi dalam berbagai kegiatan literasi dan edukasi keuangan yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan di tahun ini. (ro)

Teks foto: (Dari kiri ke kanan); Michael T. Tjoajadi Presiden Direktur PT Schroder Investment Management Indonesia, Johnson Chai Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, dan Hermawan Hosein Direktur Sinarmas Asset Management, berfoto bersama usai kegiatan press conference Sinarmas MSIG Life 2014 Business Performance & 2015 Investment Outlook” yang digelar baru-baru ini di Jakarta.