02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

MenKo, Olahan Lain Kopi Arabika Flores

MenKo, Olahan Lain Kopi Arabika FloresSurabaya, KabarGress.Com – Permen jelly memang merupakan makanan ringan yang digemari oleh anak-anak, bahkan orang dewasa. Berbagai varian rasa dan bentuk disajikan agar penikmat permen jelly tidak bosan menikmatinya. Namun, bagaimana jadinya jika permen jelly dibuat dengan rasa kopi? Pasti terasa aneh jika mendengarkannya. Berawal dari ingin mengangkat produk daerah asal, mahasiswi program studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya melakukan penelitian mengenai permen jelly dengan bahan baku Kopi Arabika Flores.

Penelitian permen jelly dengan menggunakan bahan baku dari kopi ini dilakukan oleh Fransiska Verawati Jinus dan Marsa Dea Erika Dwi Hayuningtyas dengan dibimbing oleh Ir. Thomas Indarto Putut Suseno, MP dan Indah Epriliati, Ph.D. Kopi yang digunakan oleh mahasiswi ini merupakan Kopi Arabika Flores yang berasal dari Desa Rego, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat. Kopi ini juga merupakan hasil budidaya oleh keluarga dari Fransiska. Biasanya kopi hasil budidaya tersebut sebagian kecil digunakan untuk membuat kopi bubuk secara tradisional dan yang lain dijual dalam bentuk kopi biji.

Kopi Arabika Flores merupakan jenis kopi dengan rasa dan tingkat keasaman yang tinggi. Kopi Arabika  merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Kopi ini memiliki kandungan zat gula dan minyak atsiri yang lebih banyak daripada kopi Robusta.

“Permen jelly merupakan permen non kristalin yang terbuat dari campuran gula, sirup glukosa, air, dan bahan pembentuk gel. Bahan lain yang dapat ditambahkan adalah asam sitrat, buffer sitrat, pewarna dan flavouring,” ungkap Ir. Thomas Indarto, di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya, Rabu (10/12/2014).
.
Dengan penelitian ini diharapkan Permen Jelly Kopi Flores yang memiliki warna, aroma dan cita rasa spesifik dapat menjadi salah satu difersifikasi produk kopi. (ro)