19/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Teknik Elektro UK Petra Pamerkan Robot Accelerometer dan Dua Sumbu

Surabaya, KabarGress.Com – Program Studi Teknik Elektro UK Petra menggelar pameran dalam rangka pengujian Tugas Akhir. Gelaran ini akan berlangsung selama satu hari esok Jumat, 12 Desember 2014 mulai pukul 10:00 WIB di Selasar Gedung P Lantai 2 kampus UK Petra.

Robot adalah teknologi yang sedang berkembang saat ini. Perkembangan ini dapat dilihat dari industri yang menggunakan lengan robot untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam bidang produksi. Lengan robot ini berfungsi untuk menjalankan tugas yang sesuai dengan keinginan operator. Pengontrolan dapat dilakukan secara otomatis menggunakan program atau secara manual dengan gerakan lengan manusia. Ialah Hendry Sanjaya yang membuat Tugas Akhirnya bertajuk Pengendalian Gerakan Lengan Robot Menggunakan Sensor Accelerometer.

“Accelerometer ialah sensor yang memiliki fitur untuk membaca posisi dan pergerakan suatu benda menggunakan tiga sumbu kebebasan (X, Y dan Z) sehingga dapat membaca gerakan lengan secara keseluruhan. Biasanya digunakan pada Handphone tipe touchscreen”, urai mahasiswa asal Malang ini.

Selain itu Ferry Sanjaya, juga memamerkan karyanya berupa Robot Kesetimbangan 2 Roda dengan 2 sumbu. Pengembangan dari Rescue robot ini menggunakan Lego NXT mindstroms, dengan jarak rata-rata yang dapat ditempuh dalam menjaga keseimbangan sekitar 5 meter dengan waktu 9 detik. Karena kelebihannya yang hanya menggunakan dua sumbu sehingga memiliki dimensi bodi yang ramping dan tidak terlalu besar. “Sehingga ke depannya cocok untuk di gunakan sebagai rescue robot yang menjangkau daerah yang sempit”, rinci Ferry.

Selain kedua karya diatas, terdapat karya lainnya yaitu Pembuatan Aplikasi Mobile sebagai Tools pendukung Desain Panel Listrik Tegangan Rendah, karya Kevin Budihargono. Bentuknya merupakan aplikasi yang dapat diinstal ke dalam smart phone, yang berfungsi untuk membuat desain panel listrik. (ro)