23/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Revitalisasi Tunjungan Melalui Desain Green Citywalk

Surabaya, KabarGress.Com – Siapa yang tak tahu kawasan Tunjungan di Surabaya? Kawasan Tunjungan ini sangat terkenal sebab merupakan salah satu pusat komersial di kota Surabaya. Kawasan ini merupakan daerah penghubung di pusat kota dengan sederetan toko elektronik, pusat perbelanjaan dan bank. Kini, lokasi itu seolah – olah mati suri, enggan menunjukkan aktivitasnya.

Melihat fenomena ini, Arsitektur UK Petra dalam mata kuliahnya bertajuk “Merancang Tematik” mencoba merevitalisasi kawasan Tunjungan dengan kondisi kekinian. Ialah Pameran Desain Green Citywalk di Tunjungan untuk Kota Hijau Surabaya yang menyajikan enam terbaik tugas dalam mata kuliah “Merancak Tematik”. Pameran ini akan digelar selama satu bulan mulai esok Kamis tanggal 9 Oktober 2014 pukul 09.00 WIB di ruang pamer Perpustakaan, lantai 6 gedung Radius Prawiro kampus UK Petra.

“Yang kami pamerkan saat ini sudah merupakan karya pilihan, mereka mendapatkan nilai A semua. Pameran ini terdiri dari maket, banner dan buku hasil tugas. Sudah menjadi tugas kami sebagai institusi pendidikan untuk melemparkan ide – ide desain kota Surabaya, semoga hal ini bisa berguna”, urai Ir. Benny

Poerbantanoe MSP., selaku salah satu dosen penanggung jawab mata kuliah Merancang Tematik ini. Konsep dalam keenam tugas ini menawarkan dua alternatif yang masing – masing luasnya 2 Ha dengan memberikan ruang terbuka hijau di tengah kepadatan Kawasan Tunjungan, menyediakan berbagai fungsi agar warga tidak perlu bepergian jauh sekaligus ramah bagi pejalan kaki yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Ini terlihat dari salah satu karya mahasiswa yang diberi judul Breezewalk. Sesuai dengan namanya, Breezewalk merupakan sebuah kawasan perdagangan, hunian, hiburan, dan edukasi yang menawarkan kelegaan bagaikan hembusan angin segar di kawasan Tunjungan dan Genteng yang padat. Hal ini dihadirkan melalui ruang bersama yang hijau, hidup, ramah pengunjung, dan tetap membawa ciri khas “Mlaku-Mlaku nang Tunjungan”. Selain menghadirkan hembusan nuansa Tunjungan lama (shopping arcade, gallery, dan museum), Breezewalk juga berusaha memberikan hembusan informasi baru melalui Education Centre. (ro)