30/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Kemasan Ramah Lingkungan dan Praktis Hasil Karya Mahasiswa Ubaya

Kemasan Ramah Lingkungan dan Praktis Hasil Karya Mahasiswa UbayaSurabaya, KabarGress.Com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, secara berkala mengadakan lomba desain kemasan. Kali ini bertemakan ‘Aneka Olahan Keripik’.

Mahasiswa Ubaya turut menjadi peserta bersaing dengan 82 peserta lain se-Jawa Timur. Tak disangka Jumat lalu (3/10), desain Rido Satrya Wijaya, mahasiswa Desain Manajemen Produk, Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil meraih Juara 1. Prototype kemasan bernama Radjo Keripik Pisang ini ditunjukkan ke awak media, bertempat di Seminar Room Gedung International Village Lantai II Kampus II Ubaya Tenggilis, Jl Kalirungkut Surabaya, Senin (6/10/2014).

Di tengah maraknya Industri Kecil Menengah (IKM), masyarakat berlomba-lomba mencari cara agar produknya dapat bersaing dengan produk-produk lain. Rido Satrya Wijaya, mahasiswa Desain Manajemen Produk, Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) membuat desain kemasan keripik pisang agar dapat meningkatkan daya saing produk IKM.

Desain kemasan keripik pisang ini memang sengaja didesain simpel dan praktis dengan dimensi berukuran 8 cm x 6 cm x 22 cm. Rido sengaja memilih keripik pisang sebagai sasarannya, karena hingga saat ini keripik pisang masih paling banyak diproduksi dan ditemukan di industri-industri kecil menengah di Jawa Timur.

“Saya hanya berusaha berpikir agak berbeda untuk merancang inovasi pada sistem kemasannya. Sampai akhirnya terpikir mengadaptasi sistem “renteng” agar memudahkan konsumen untuk membawanya, sekaligus dapat meminimalkan penggunaan kantong plastik,” ujar pria asli Surabaya ini.

Benar saja, inovasi ini tak hanya mandeg di tangan Rido. Kini, desain kemasan keripik pisang buatannya telah dipublikasikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, lantaran karyanya menjadi Juara I lomba Desain Kemasan 2014  yang diselenggarakan 4 Agustus-19 September lalu. Karya Rido merupakan satu dari 100 karya dari berbagai kalangan di Jawa Timur. Diantaranya adalah pelajar, mahasiswa, maupun para pengusaha IKM.

“Sebagai kompensasinya, saya mendapat trophy, piagam, dan uang tunai sebesar Rp 7.500.000,00. Senang sekali karya saya bisa menjadi pilihan terbaik para juri dan semoga bermanfaat bagi para pengusaha IKM di Jawa Timur,” seru mahasiswa semester 7 di Ubaya ini. (ro)

Teks foto: Rido Satrya Wijaya, mahasiswa Desain Manajemen Produk, Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya), menunjukkan hasil karyanya.