25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Ribuan Peserta Serbu PERTAMAX APAIDEMU 2014

* Pertamina Lombakan Ide Inspiratif Berhadian Rp100 Juta

PertamaxApaIdemu2014di sbyPertamaxApaIdemu2014Surabaya, KabarGress.Com – Luar Biasa! Ribuan peserta terutama dari kalangan mahasiswa menyerbu PERTAMAX APAIDEMU 2014, yang berlangsung di Graha Dewa Ruci, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), komplek Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (11/10/2014).

Entrepreneur dan panitia Pertamax Apaidemu, Imam Subchan, mengungkapkan sekitar 1.300 peserta hadir di roadshow kali ini. “Saya sangat bangga dengan sambutan di Surabaya,” ujarnya.

Menurut Imam, Program APAIDEMU adalah program persembahan Pertamax untuk Indonesia yang berkesinambungan untuk memberikan wadah bagi anak muda Indonesia dalam melahirkan ide karya kebanggaan Indonesia dalam bidang apapun untuk dikompetisikan.

“Program ini mulai digelar 2012 dan sudah 5.870 ide terkumpul. Lebih dari 20,000 anak muda berkumpul dalam APAIDEMU Roadshow di 30 kampus di Indonesia. Dan pemenang APAIDEMU 2012 yang hingga saat ini masih terus aktif untuk membuat Indonesia lebih baik dan menjadi kebanggaan Indonesia,” jelasnya.

Disebutkan pemenang APAIDEMU 2012, yakni Juara 1: MariNyanyi (Yogyakarta), Juara 2: Sabang-Merauke (Jakarta), Juara 3: BikeBdg (Bandung). APAIDEMU terbuka bagi anak muda Warga Negara Indonesia umur 18 – 35 tahun yang ingin membuat Indonesia lebih baik dan bangga, baik secara individu maupun kelompok (maksimal 2 orang).

Pengumpulan ide mulai 21 Juni – 20 November 2014 dan akan diumumkan pemenangnya pada 10 Desember 2014. Roadshow APAIDEMU akan berkeliling ke kampus di 7 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, dan Makassar untuk memberikan inspirasi dan mengajak anak muda Indonesia untuk berpartisipasi dan menjadi bagian dari “Bikin Indonesia Bangga” .

“APAIDEMU merupakan wadah dan kompetisi yang melibatkan partisipasi anak muda Indonesia untuk melahirkan ide yang membuat Indonesia lebih baik dan bangga. Melibatkan partisipasi anak muda Indonesia untuk mengembangkan dirinya menjadi pribadi kebanggaan bangsa. APAIDEMU mendukung anak muda yang ingin merealisasikan ide untuk Indonesia,” terangnya lagi.

Ditambahkan Humas PT Pertamina, Tuning R, cara berpartisipasi dalam APAIDEMU, yaitu dengan mengirimkan ide dan data pribadi dalam www.apaidemu.com yang sesuai dengan tema tahun 2014 “BIKIN INDONESIA BANGGA”. “Mendaftarkan diri dan mengirim ide melalui situs www.apaidemu.com atau lembar pendaftaran yang tersedia,” jelasnya.

Peserta dapat mengirimkan ide segar yang inovatif dan aplikasi baik dalam konsep maupun prototype atau rencana inovasi. Materi kompetisi dapat dikirim dalam format slide maksimal 10 slide, esai maksimal 1.500 kata, dan video maksimal tiga menit.

“Ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi Pertamax untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas dan karakter generasi muda Indonesia sehingga menjadi generasi muda yang mumpuni dan dapat dihandalkan,” imbuhnya.

Gelaran roadshow Apaidemu 2014 diawali dari Bandung pada 8 dan 11 September 2014 lalu di Universitas Padjajaran yang dihadiri 450 peserta, dilanjutkan ke Yogyakarta pada 26 September 2014 di Universitas Gadjah Mada dihadiri 600 perserta, dan kota ketiga di Semarang pada 3 Oktober 2014 dihadiri 1.100 perserta, dan di Surabaya sekurangnya 1.300 peserta.

Dijadwalkan 7 kota di Indonesia dilintasi roadshow Pertamax Apaidemu 2014 kali ini. Setelah Bandung, Semarang, Yogjakarta dan Surabaya, roadshow berlanjut menuju Universitas Indonesia (UI) di Kota Jakarta, Universitas Andalas di Kota Padang, dan terakhir di kota Makassar menuju Universitas Hassanudin. (Ro)