09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Soal Perkelahian Armuji VS Irvan, Fraksi PDIP Laporkan Kasatpol PP ke Walikota Surabaya

Surabaya, KabarGress.Com– Fraksi PDIP DPRD surabaya berencana melaporkan tindakan Kasatpol PP, Irvan Widyanto yang terlibat saling bentak, hingga nyaris berkelahi dengan Ketua DPRD, Armuji ke Walikota Surabaya. Ketua FPDIP, Sukadar, Rabu (21/2/2018) menyatakan, perselisihan antara Kasatpol dan Ketua DPRD saat dengar pendapat mengenai Penggusuran Warga Medokan Semampir, Selasa (20/2/2018) merupakan pelecehan institusi.

“Bukan (bela) Armudjinya, tapi yang bersangkutan adalah simbol DPRD, karena menjabat ketua. Apalagi bagian FPDIP,” terangnya.

Sukadar mengungkapkan, Senin (26/2/20018) nanti, FPDIP akan melakukan rapat internal guna menindaklanjuti kasus tersebut. Hasil keputusan rapat akan dijadikan bahan, untuk melaporkan masalah perselisihan antara pimpinan dewan dengan Satpol PP.

“Keputusan fraksi akan dipake sebagai bahan pelaporan ke Walikota,” tutur Politisi PDIP.

Anggota Komisi C ini menyesalkan perselisihan antara dua pejabat daerah tersebut. Menurutnya, Kasatpol PP semestinya tak boleh bertindak berlebihan dalam forum rapat resmi di komisi A kemarin. “Harusnya bisa menghargai satu sama lain,” tandasnya.

Sukadar mengakui, PDIP bagian dari pemerintahan. Walikota dan Wakil Walikota serta Ketua DPRD berasal dari PDIP. Namun, ia berharap, dalam menyelesaikan masalah, diantaranya penertiban hhunian semestiya mencarikan solusi terlebi dahulu, bukan menimbulkan persoalan baru.

“Maksud kami cari solusi dulu, jangan merapikan kota tanpa solusi. Minimal, sisi sosial kita pertimbangkan dahulu,” paparnya.

Ia menambahkan, apabla pemerintah kota melakukan penertiban bangunan rumah warga, sebelum digusur, disiapkan terlebih dahulu tempat yang baru.

“jadi, sebelumnya didata dulu berapa orang, diwadahi dimana. Jika rusunnya tak cukup, kita anggarkan lagi agar dibangun yang baru,” pungkasnya. (tur)