Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017, Kementerian Sosial mendorong tiga hal untuk mewujudkan masyarakat disabilitas yang lebih baik dan mandiri.

Hal itu disampaikan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos – Nahar, disela-sela acara peringatan HDI di halaman gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jatim, Minggu (3/12/2017).

Nahar berharap, pertama untuk pemerintah daerah adalah agar membuat peraturan daerah khusus untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Dan Jawa Timur sudah tinggal disesuaikan dengab Undang Undang no 8 (Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, red),” katanya.

Dukungan yang kedua, tambah Nahar, adalah bagaimana masyarakat menerima keberadaan mereka. Berbaur dan bersosialisasi dengan masyarakat lainnya.

“Masyarakat agar juga memberi ruang yang cukup kepada penyandang disabiltas, agar bisa lebih maksimal hidup di tengah tengah masyarakat,” tambahnya.

Dukungan yang ketiga, Nahar melanjutkan, bagaimana kaum disabilitas itu sendiri untuk tidak mudah menyerah, terus semangat untuk memperjuangkan hak hak pribadi maupun kelompoknya.

“Diharapkan dengan tiga dukungan tadi, setiap tahun kita memperingati Hari Disabilitas Internasional, diharapkan kondisinya akan semakin baik,” imbuhnya. (ro)

Leave a Reply


*