Citi Indonesia Peringati International Women’s Day yang Berfokus pada Pemberdayaan Perempuan untuk Melindungi Kelestarian Alam dan Hutan

Jakarta, 27 April 2017, KabarGRESS.com – Citi Indonesia melalui Citi Indonesia Women Council (IWC) rayakan International Women’s Day. Tema yang diusung tahun ini adalah “It Takes All of Us” dan perayaan berfokus pada pemberdayaan perempuan dan pemberian semangat serta wawasan kepada seluruh karyawan perempuan Citi Indonesia mengenai peran penting yang dapat mereka berikan untuk melindungi kelestarian alam dan hutan di Indonesia.

Karyawan perempuan memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis Citi di dunia. Pada tahun 2006, Citi meluncurkan Citi Women sebagai strategi global dalam pemberdayaan karyawan perempuan. Di Indonesia, sejak tahun 2011 komposisi karyawan perempuan Citi terus meningkat dan berada diatas 50%.

Per 31 Januari 2017, persentase jumlah karyawan perempuan di Indonesia telah mencapai 57%, dimana lebih dari 130 karyawan perempuan menempati posisi senior, yaitu di level vice president dan ke atas hingga level Direksi. Komposisi ini menempatkan peran strategis perempuan dalam pertumbuhan bisnis Citi di Indonesia.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, ”Sebagai bank berskala global yang beroperasi di lebih dari 100 negara, Citi menjunjung tinggi keberagaman, inklusifitas, dan kesetaraan gender di lingkungan kerja. Di Citi Indonesia, kami percaya bahwa peningkatan karir ditentukan berdasarkan kemampuan dan pencapaian, bukan karena apakah seseorang itu laki-laki atau perempuan Melalui kegiatan International Women’s Day tahun ini, Citi dengan melibatkan seluruh pihak memberikan dukungan akan kesetaraan gender, perkembangan karir dan potensi perempuan di segala bidang.”

Hadir sebagai tamu kehormatan pada perayaan tahun ini adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Ibu Siti Nurbaya Bakar, yang berhasil menjadi perempuan Indonesia pertama yang menduduki posisi terhormat ini, “Apresiasi diberikan kepada Citi Indonesia atas dukungan dan kepercayaannya terhadap karyawan perempuan. Dengan komposisi hingga 57%, hal ini juga merefleksikan bahwa keberhasilan kinerja Citi Indonesia di tanah air merupakan hasil dari peran strategis yang telah didedikasikan oleh mereka demi pertumbuhan dan kemajuan Citi.”

Selain itu turut hadir sebagai narasumber adalah Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo dan Putri Pariwisata 2016 Lois Merry Tangel. Dalam sesi interaktif tersebut, para narasumber berbagi mengenai perjuangan dan tantangan mereka dalam mencapai posisi saat ini di berbagai bidang industri yang mereka tekuni, dan juga peran serta mereka dalam menjaga kekayaan alam dan pariwisata Indonesia.

Dalam pidatonya, Chairwoman Citi Indonesia Women Council (IWC) Novita S. Djani mengatakan, “Citi IWC bekerjasama dengan seluruh jajaran manajemen, senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan suportif bagi karyawan perempuan di Citi. Sejalan dengan visi untuk menjadi wadah bagi perempuan Citi Indonesia, dalam memacu potensi diri, mengembangkan kemampuan, minat dan tujuan profesionalitas sehingga memberikan pencapaian penting dalam aktualisasi positif di dunia kerja, kami mengajak seluruh kalangan untuk mendorong kemajuan para perempuan agar mereka dapat berkarya dan mengembangkan potensi diri secara maksimal. Dukungan ini harus datang dari berbagai pihak, termasuk dari kaum laki-laki, keluarga, komunitas, dan tentunya perusahaan atau institusi dimana mereka bekerja.”

Berdiri sejak 2012, Citi IWC telah menjadi wadah bagi lebih dari 1.700 karyawan perempuan Citi Indonesia dalam memacu potensi diri, mengembangkan kemampuan, minat dan tujuan profesionalitas mereka.

Organisasi ini telah membantu meningkatkan jenjang dan pengembangan karir karyawan perempuan melalui berbagai kegiatan seperti mentorship, dan sharing session. Dalam program mentoring, karyawan perempuan Citi mendapatkan bimbingan kerja dari mentor-mentor berkualitas dan berprestasi dari kalangan Citi Indonesia, Asia Pasifik maupun Citi Global. Perusahaan ini juga menawarkan kesempatan bekerja di negara-negara di mana Citi beroperasi dan juga menyediakan ruangan laktasi bagi para karyawan perempuan yang tersebar di kantor pusat dan berbagai kantor cabang Citi di Indonesia.

Citi IWC mengusung tiga misi utama, yaitu pertama, untuk menciptakan pengalaman kerja berlandaskan kompetisi positif sehingga memacu daya kreativitas, inovasi serta kerjasama tim yang solid. Kedua, memberikan sarana pengembangan kemampuan profesionalitas yang dapat meningkatkan kinerja dan ilmu pengentahuan. Ketiga, menciptakan suasana kerja yang dinamis dan kondusif bagi seluruh karyawan perempuan Citi Indonesia.

Beragam kontribusi telah dijalankan oleh Citi IWC melalui sejumlah kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat, antara lain adalah kegiatan Charity Bazaar para Citibankers, pemberian beasiswa kepada perawat perempuan serta pemberian modal kerja kepada perempuan pengusaha mikro.

Dalam perayaan International Women’s Day di tahun ini, sebagian profit sejumlah Rp50.000.000 yang merupakan hasil Charity Bazaar para Citibankers, akan didonasikan kepada Yayasan Rumah Harapan, sebuah yayasan sosial yang berfokus pada perawatan anak-anak kurang mampu yang menderita terminal illness atau sakit keras yang tidak sanggup lagi untuk dirawat di Rumah Sakit. Tak hanya itu saja, di tahun ini Citi IWC juga menyerahkan bantuan kepada Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) senilai Rp100.000.000 dalam mendukung program sosial yang berfokus pada pemberdayaan anak muda, utamanya perempuan, untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungam hidup. Bantuan tersebut menunjukkan komitmen Citi Indonesia untuk membantu sesama kaum perempuan dari berbagai latar belakang. (ro)

Teks foto:

– Sebagai bagian dari perayaan perayaan International Women’s Day di tahun ini, sebuah diskusi digelar dengan menghadirkan pembicara inspiratif, yaitu Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Muhammad Farhan, dan Putri Pariwisata 2016 Lois Merry Tangel. Dalam sesi interaktif tersebut, para narasumber berbagi mengenai perjuangan dan tantangan mereka dalam mencapai posisi saat ini di berbagai bidang industri yang mereka tekuni, dan juga peran serta mereka dalam menjaga kekayaan alam dan pariwisata Indonesia.
– Tampak pada gambar CEO Citi Indonesia Batara Sianturi (kedua dari kiri) menyampaikan donasi kepada Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Muhammad Farhan, disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar, Founder of Yayasan Rumah Harapan Valencia Mieke Randa,  Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo dan Chairwoman Citi Indonesia Women Council (IWC) Novita S. Djani.
– Tampak pada gambar Chairwoman Citi Indonesia Women Council (IWC) Novita S. Djani (kedua dari kanan) menyampaikan donasi kepada Founder of Yayasan Rumah Harapan Valencia Mieke Randa (tengah) disaksikan oleh (ki-ka) Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Muhammad Farhan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dan Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo.
– Tampak pada gambar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar (tengah) didampingi oleh  (ki-ka) Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, Chairwoman Citi Indonesia Women Council (IWC) Novita S. Djani, Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo, dan Vice Chairwoman of Citi Indonesia Women Council Vera Sihombing.

Leave a Reply


*