31/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pengobatan Gratis di Sekitar Sumur Tua Wonocolo

Pengobatan Gratis di Sekitar Sumur Tua WonocoloBojonegoro, KabarGress.com – Ratusan warga di Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti pengobatan gratis yang digelar PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bersama Kodim 0813 Bojonegoro. Acara berlangsung di balai Desa Wonocolo, Kedewan, Selasa (16/6/2015) sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Tampak sejak pagi warga telah antre untuk mengikuti pengobatan gratis, terutama dari Desa Wonocolo. Selain itu juga ada puluhan warga dari desa sekitar, seperti Beji, Kedewan, Hargomulyo dan Kawengan. Bahkan, personil Kodim 0813 Bojonegoro menjemput warga dengan truk untuk dibawa ke lokasi pengobatan, terutama warga yang telah lanjut usia.

Perwakilan Kodim 0813, Mayor Inf. M. Jenal Arifin menjelaskan, jika Kodim menggandeng beberapa pihak, mulai PT Pertamina EP, Muspika dan Puskesmas Kedewan, serta Polres Bojonegoro. Hadir beberapa dokter dari Kodim dan Polres Bojonegoro untuk membantu pemeriksaan dan pemberian obat. “Kami berterima kasih, terutama kepada Pertamina yang telah mendukung penuh acara ini,” jelas Arifin yang juga menjabat Kasdim tersebut.

Ia berharap, warga bisa memanfaatkan pengobatan yang digelar ini untuk kesehatan bersama. Total ada lebih dari 300 warga yang akan berobat. Tetapi jumlah tersebut bisa meningkat, karena saat pagi biasanya warga masih di sawah dan akan ditunggu sampai siang.

“Dokter yang mengetahui dan mendeteksi sakit apa, sehingga kita datangkan beberapa dokter ke Wonocolo. Masyarakat sangat terbantu, sebab selain mendapat pengobatan gratis, juga dibagikan sembako saat pulangnya,” tegasnya.

Sementara itu Camat Kedewan, Moch. Tarom menambahkan, selain Desa Wonocolo ada empat desa lain yang juga diberitahu pengobatan gratis oleh Pertamina EP, Kodim dan Polres Bojonegoro. Seperti Desa Hargomulyo, Beji, Kawengan dan Kedewan. “Kami bersyukur ada kepedulian kepada warga, terutama yang berada di sekitar sumur minyak tua,” jelas Camat Tarom.

Sehari sebelumnya, Muspika telah mengumumkan kepada warga untuk turut serta memeriksakan kesehatannya. Bisa lebih dari 500 warga yang kebanyakan lanjut usia memeriksakan kesehatannya. Kondisi seperti ini bagus dan bisa berkelanjutan, agar warga terpantau kesehatannya.

Terpisah, VP HSSE Pertamina EP, Heri Budiarso menerangkan, kalau kegiatan ini sebenarnya telah dijadwalkan jauh-jauh hari. Namun baru terlaksana bersamaan setelah penandatanganan kesepakatan antara PT Pertamina EP dengan paguyuban penambang sumur tua. Karena, Pertamina ingin tumbuh bersama-sama warga dan memperhatikan kesehatan keluarga penambang.

“Kita akan terus berusaha membantu masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi. Bahkan, bersama Pemerintah Desa dan Muspika akan menguruskan warga yang belum mempunyai BPJS dan mendampingi pengobatannya,” jelas Heri. (ro)

Teks foto: Suasana kegiatan pengobatan gratis yang digelar PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bersama Kodim 0813 Bojonegoro.