26/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Terapkan Kebijakan Manajemen Resiko, PLN NP Raih Asean Risk Award 2022

Surabaya, kabargress.com – PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara, kembali menggaaet penghargaan tingkat internasional. Kali ini melalui Asean Risk Award 2022 (ARA) yang diselenggarakan di Bali (8/12). PLN NP dianugerahi pemenang pada kategori Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) pada ARA 2022. Pencapaian ini membuktikan ketahanan dan kemampuan PLN NP dalam menjalankan lini bisnisnya yang berpatokan kepada manajemen risiko terintegrasi.

Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah menyampaikan pentingnya penghargaan ini bagi perusahaan. Menurutnya, di era disrupsi bisnis ketenagalistrikan ini, arah perubahan bisnis menjadi pilihan yang tak terelakkan dan juga menjadi tantangan besar bagi perusahaan seperti PLN NP. Namun, dalam perubahan tersebut harus didasari oleh manajemen resiko yang terukur dan apik agar perusahaan tetap berada di jalur tracknya.

“Di era disrupsi bisnis ketenagalistrikan ini, arah perubahan bisnis menjadi pilihan yang tak terelakkan dan juga menjadi tantangan besar bagi PLN NP. Namun, dalam perubahan tersebut harus didasari oleh manajemen resiko yang terukur dan apik agar perusahaan tetap berada di jalur tracknya. PLN NP telah menerapkan kebijakan manajemen risiko terintegrasi sejak tahun 2020 dan telah siap menghadapi perubahan tersebut.” terang Ruly.

Untuk mendukung penerapan manajemen risiko dalam inisiatif pengembangan bisnis, PLN NP menetapkan Peraturan Direksi tentang Penerapan GRC dan Risk Appetite Statement (RAS). Kebijakan GRC memuat ketentuan-ketentuan dalam proses pengambilan keputusan.

PLN NP memiliki kerangka Three Lines Model yaitu sistem pengendalian yang dirancang melalui pembagian peran dan tanggung jawab menjadi 3 (tiga) lini dalam organisasi dengan melibatkan pemilik proses yang menerapkan kebijakan manajemen risiko (lini pertama), unit risk & compliance yang meninjau dan memantau proses penerapan risiko (second line), dan fungsi audit evaluasi efektivitas sistem pengendalian yang dilakukan oleh first line dan second line (third line).

Dalam upaya meraih penghargaan tersebut PLN NP memiliki keunggulan dalam menciptakan inovasi di bidang manajemen risiko yaitu pendekatan baru dalam penerapan GRC (Governance, Risk Management and Compliance), yaitu :

  1. Strong Leadership. PLN NP menjadikan BOD sebagai role model dalam menjalankan komitmennya dalam menerapkan GRC. Terbukti PLN NP meraih TOP GRC Awards 2021 untuk kategori TOP GRC dan The Most Committed GRC Leader 2022 untuk Direktur Utama pada Agustus 2022
  2. Penguatan implementasi GRC dilakukan dengan memperbaharui dan mengintegrasikan salah satu aspek dari konsep GRC Three Line of Defense untuk mengawasi implementasi proses bisnis di perusahaan ke dalam regulasi manajemen risiko terintegrasi.
  3. Peluncuran aplikasi manajemen risiko dan kepatuhan bernama i-Care (integrated-compliance, manajemen risiko, operasi yang efektif dan efisien) yang secara umum dan khusus menyajikan data kebutuhan manajemen risiko dan kepatuhan.

Kegiatan ASEAN Risk Awards merupakan pengakuan kepada lembaga, perusahaan dan individu di seluruh wilayah Asia Tenggara atas komitmen dan pencapaian dalam penerapan, inovasi dan dedikasi di bidang manajemen risiko. Penghargaan ini melibatkan para profesional dari berbagai latar belakang di bidang manajemen risiko, auditor, bisnis dan hubungan internasional sebagai juri. (Ro)