01/02/2023

Jadikan yang Terdepan

East Java Tourism Award, Ukir Prestasi Ditengah Pandemi

Malang – Meski ditengah pendemi melanda takmenyurutkan niat pelaku pariwisata Jatim untuk terus berkarya mengukir prestasi dan masa depan.

Setidaknya hal itu tercermin dari maraknya penganugerahan wisata Jawa Timur yang dilakukan di Grand Mercure Kota Malang, Jumat (10/12/21) Malam.

Dalam acara yang dihelat melalui Bidang Destinasi itu, terdapat beberapa penerima penghargaan baik di bidang wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, dll.

Adapun penerima penghargaan bidang wisata alam seperti misalnya  pantai papuma, nomor dua adalah wisata alam Bangsring Banyuwangi, dan ketiga adalah wisata Banyu Anjlok Kabupaten Malang dan terbaik ke empat dalah Taman Nasional Baluran Kab. Situbondo.

Sedangkan untuk kategori wiasata budaya yang terbaik pertama adalah diraih oleh Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri, kedua jelajah heritage Gresik Kota Tua Kab. Gresik, tiga museum kraton sumenep, dan keempat adalah Sunan Bejagur Lor Kab. Tuban.

Dan untuk kategori wiasata Buatan, posisi pertama ditempati oleh Eco Green Park Kota Batu, kedua wisata Sumberbulu Kab. Banyuwangi, tiga wisata Koptan Ori Green Kab.

Tulungagung dan diurutan ke empat diduduki oleh Kampung Kerapu Kab. Situbondo. Dan masih banyak lagi penghargaan lainnya. Dan masih banyak kategori lainnya. Seperti home stay, rumah makan, desa wisata, dll.

Event Strategis

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berkenan hadir menyampaikan rasa bangganya terhadap Jawa Timur yang memiliki kekayaaan budaya dan karya-karya terbaiknya dibidang seni, dll sehingga pantas untuk diteruskan pemberian penghargaan seperti yang sedang berlangsung seperti saat ini.

Khofifah menyampaikan event berkumpulnya para pelaku usaha, pemerintah, dan stake holder lainnya seperti saat ini adalah event strategis yang perlu untuk dijalin.

Ia berharap dengan event semcam ini dapat mengokohkan kekuatan dan kebersamaan dalam mensukseskan pembangunan Jawa Timur.

Istimewanya lagi acara tersebut juga mendapatkan sambutan dari Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno yang berkenaan memberikan sambutan secara virtual. Sandi menyampaikan salam selamatnya kepada  Jawa Timur yang tetap semangat ditengah pendemi seperti sekarang ini.

Sedangkan Plh Sekda Prov. Jatim juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap pelaku wisata Jatim. Karena pariwisata dinilai dapat memberikan efek domino terhadap kesejahteraan masyarakat.

Akhirnya semangat kebersamaan itu pun ditutup dengan sajian musik dari Orash Band dan Surya Dadari dari Kab. Blitar. Dan teriring doa semoga tahun depan pariwisata Jatim akan semakin sukses dan meriah. Salam pariwisata. (nur)