18/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Mengenal ATGM Lebih Dekat

Oleh: Lettu CPL Suryanto – Kesatuan Paldam V/Brawijaya

Lettu CPL Suryanto
Lettu CPL Suryanto

ATGM 3Anti – Tank Guided Missile (ATGM), adalah peluru kendali yang dirancang untuk menghancurkan tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya. Ukuran ATGM bervariasi, mulai dari senjata yang ditembakkan dari bahu yang bisa dibawa satu prajurit, senjata yang lebih besar yang harus ditembakkan menggunakan tripod, sampai yang terpasang dan ditembakkan dari kendaraan dan pesawat udara.

Dengan diperkenalkannya ATGM lebih kecil yang mampu membawa hulu ledak yang lebih besar pada medan perang moderen membuat infanteri memiliki kemampuan untuk menghancurkan tank tempur utama yang kuat dari jarak yang sangat jauh, dan biasanya pada tembakan pertama.

Senjata-senjata infanteri sebelumnya seperti senapan anti-tank, roket anti-tank, dan ranjau darat magnetik memiliki daya tembus baja yang lemah dan/atau mengharuskan seorang prajurit untuk berada di dekat target.

TNI AD akhirnya mempunyai juga Anti-Tank Guided Missile untuk melengkapi modernisasi Alutsista. Salah satu jenis ATGM yang sedang dipesan adalah NLAW (Next Generation Light Antitank Weapon) buatan SAAB Bofors Dynamics, Swedia bekerjasama dengan Inggris. ATGM ini dipilih Indonesia karena praktis dan ringan, cocok untuk postur prajurit Asia/ Indonesia.

ATGM 2ATGM 1ATGM NLAW cukup dioperasikan seorang prajurit, untuk menghancurkan berbagai jenis main Battle Tank moderen, dengan sekali tembak. Dengan bobot 12,5 Kg NLAW memiliki kemampuan: Predicted Line of Sight, Attack modes Selectable, Overfly Top Attack atau Direct Attack. Namun kelemahan ATGM ini adalah jarak tembaknya yang cukup pendek, 20 hingga 600 meter.

Pendeknya jarak tembak ATGM NLAW dianggap tidak masalah jika dikaitkan dengan kondisi geografis Indonesia yang relatif lebih banyak menyediakan tempat perlindungan, berupa bukit dan gunung serta hutan dan rawa.

Anti Tank NLAW termasuk ATGM lightweight yang lebih menekankan kepada aspek mobilitas operatornya.  ATGM ini juga dianggap cocok untuk perang kota dimana NLAW bisa diluncurkan dari ruang-ruang tersembunyi dan sempit. (***)