06/01/2023

Jadikan yang Terdepan

OPTIMALKAN SUMBERDAYA DISNAKERTRANS BERDAYAKAN PENDUDUK LEWAT TRANSMIGRASI

Tulungagung , KabarGress.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung , tahun anggaran 2022 membuka peluang kerja lewat transmigrasi. Penegasan ini disampaikan Kadisnakertrans Agus Santoso , Jumat (5/11/21).

Menurut Agus instansi yang di pimpinnya membuka peluang kerja bagi warga masyarakat kabupaten Tulungagung mengikuti program transmigrasi di canangkan Pemkab.

” Program ini membuka peluang bagi masyarakat agar kehidupan sosial ekonomi dan kesejahteraannya lebih baik ,” ujarnnya.

Adapun daerah tujuan transmigrasi imbuh Agus Santoso pulau Mamuju , Sulawesi barat ( Sulbar ). Agus berharap program transmigrasi yang bertujuan memperbaiki taraf hidup rakyat ini di manfaatkan secara optimal oleh warga masyarakat.

” Harapan saya mudah – mudahan lima sampai sepuluh kepala kelurga ( KK) memanfaatkan program ini paling,” harap Agus

Namun berapa angka peserta yang fix di dalam kegiatan program ini terlaksana, masih menunggu data informasi dari provinsi Jawa timur. ” Berapa data konkret Saya masih menunggu dari Disnakertrans Jatim ,” ucap Agus Santoso.

Disnakertrans tengah berkoordinasi dengan Legislatif. ” Sekarang kita sedang mengajukan anggaran kedewan. Peserta transmigrasi ini nanti harus memiliki skil dilatih ketrampilan, seperti tukang cukur, tukang rias manten, buat tempe, supaya mereka mendapat nilai tambah dari hasil ketrampilan yang kita latih ,” katanya

Seperti fasilitas rumah, peralatan rumah tangga, jaminan hidup selama satu tahun, dua hektar lahan perkebunan sudah disiapkan, lingkungannya yang masih asri ada air, sekolah SD dan, SMP, SMA tidak jauh dari lokasi.

” Terkait kelayakan lokasi tujuan transmigrasi sebelumnya sudah kita tinjau. Lokasinya cukup prospek, dan kedepan sangat baik,” jelas Agus (Adn)